Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa di SMP Negeri 2 Metro

Wati, Halimah Anjar (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa di SMP Negeri 2 Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[thumbnail of Halimah Anjar Wati_2101010037_PAI_2025.pdf] PDF
Halimah Anjar Wati_2101010037_PAI_2025.pdf - Other

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan masih banyaknya siswa yang kurang aktif dan kurang fokus pada materi yang disampaikan oleh guru. Sebagian siswa lebih sering mengobrol, dan tidak konsentrasi ketika pembelajaran berlangsung. Kondisi ini mengakibatkan proses pembelajaran menjadi membosankan, konsentrasi siswa menurun dan sedikitnya materi yang dipahami oleh siswa. Karena kondisi tersebut, tujuan pembelajaran tidak tercapai secara optimal dan memberikan efek hasil belajar siswa yang kurang maksimal.

Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Adakah Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Metro?” Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran tipe STAD terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa di SMP Negeri 2 Metro.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan populasi berjumlah 254 siswa muslim dan sampel sebanyak 76 siswa yang dipilih menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket dan dokumentasi. Angket digunakan untuk mendapatkan data tentang model pembelajaran tipe STAD dan dokumentasi untuk mendapatkan data hasil belajar siswa, profil sekolah, struktur organisasi, dan lain sebagainya.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah peneliti lakukan, diketahui bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan dari model pembelajaran tipe STAD terhadap hasil belajar PAI siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Metro. Dapat dibuktikan dari hasil analisis data menggunakan rumus Chi-Square, diperoleh hasil X 2 sebesar 10,346 dengan df = 4 dan tingkat signifikansi 0,05 yang artinya X 2 hitung > X 2 tabel sehingga 10,346 > 9,488. Berdasarkan data tersebut, dapat diketahui bahwa hipotesis alternatif (Ha) dalam penelitian ini diterima.

Selain itu, hasil perhitungan koefisien kontingensi sebesar 0,346. Berdasarkan pedoman interpretasi, nilai tersebut termasuk dalam kategori hubungan rendah. Selanjutnya, dilakukan uji Paired Sample t-test dan memperoleh nilai t = -11,217 dengan df = n-1 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 (0,000 < 0,05) yang artinya thitung> ttabel yaitu (11,217 > 1,992) yang berarti terdapat perbedaan yang positif dan signifikan antara hasil belajar PAI siswa sebelum dan sesudah menggunakan model STAD dengan peningkatan hasil belajar siswa sebesar 21,45%.

Kata kunci: Model Pembelajaran Tipe STAD, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 23 Jul 2025 08:40
Last Modified: 23 Jul 2025 08:40
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11470

Actions (login required)

View Item View Item