Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Analisis SWOT dalam Strategi Marketing Syariah BPRS Lampung Timur

Handayani, Leni Sri (2025) Implementasi Analisis SWOT dalam Strategi Marketing Syariah BPRS Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[thumbnail of LENI SRI HANDAYANI_2103010036_ESY_2025.pdf] PDF
LENI SRI HANDAYANI_2103010036_ESY_2025.pdf

Download (7MB)

Abstract

Analisis SWOT dalam Strategi Marketing BPRS Lampung Timur menggunakan analisis faktor lingkungan internal dan ekternal melalui analisa keunggulan dan kelemahan perusahaan, serta analisa peluang dan ancaman yang dihadapi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi analisis SWOT dalam strategi marketing BPRS Lampung Timur.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi analisis SWOT dalam strategi marketing di BPRS Lampung Timur. Dalam menghadapi persaingan industri perbankan syariah, penting bagi BPRS untuk merumuskan strategi pemasaran yang tepat guna meningkatkan daya saing dan menjangkau lebih banyak nasabah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa BPRS Lampung Timur memiliki beberapa kekuatan utama, antara lain: pilihan produk yang beragam, lokasi strategis, kemampuan membantu pengusaha kecil di daerah, dan penerapan prinsip syariah dalam bisnis. Namun, terdapat kelemahan seperti strategi promosi yang kurang, belum adanya pelayanan digital, pengenalan produk yang belum optimal, serta keterbatasan tenaga ahli. Peluang yang dimiliki BPRS antara lain: menjadi satu-satunya perbankan yang berprinsip syariah, meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap perbankan, prinsip yang tidak membatasi nasabah berdasarkan agama, dan hubungan yang baik dengan nasabah. Sedangkan ancaman yang dihadapi meliputi strategi bisnis yang mudah ditiru, munculnya teknologi baru pada pesaing yang lebih unggul, dan pemahaman nasabah yang kurang terhadap prinsip syariah.

Kata Kunci: Analisis Swot, Strategi Marketing, BPRS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ristiani Ristiani IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 23 Jul 2025 08:39
Last Modified: 23 Jul 2025 08:39
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11480

Actions (login required)

View Item View Item