Sari, Monica Pratama (2025) Pengaruh Model Pembelajaran PJBL(Project Based Learning) Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V SD Negeri 03 Sumber Bahagia. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
Monica Pratamasari_2101032018_PGMI_2025.pdf - Other Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V di SD Negeri 03 Sumber Bahagia. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS yang disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran yang kurang bervariatif dan kurang mendorong siswa untuk aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-experimental tipe one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 03 Sumber Bahagia yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji t dan uji normalitas untuk menguji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah diterapkannya model pembelajaran PjBL. Berdasarkan uji t yang dilakukan, terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest siswa setelah diterapkannya model pembelajaran berbasis proyek. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar IPAS siswa kelas V di SD Negeri 03 Sumber Bahagia.
Kata Kunci: Project Based Learning, IPAS, Hasil Belajar, Model Pembelajaran, SD Negeri 03 Sumber Bahagia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Asna Aprillina IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 08:06 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 08:06 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11484 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |