Ali, Alaydhathu Zahra (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw dan Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs N 2 Lampung Timur. Masters thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
ALAYDHATHU ZAHRA ALI_2371010002_PAI_2025.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Jigsaw dan Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar pesrta didik dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTs N2 Lampung Timur. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya pencapaian nilai peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang belum mencapai standar ketuntasan, serta perlunya model pembelajaran yang lebih efektif. penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto.
Sampel dalam penelitian ini berjumlah 35 peserta didik kelas VIII A MTs N 2 Lampung Timur, yang dipilih melalui tekni kluster sampling. Data dikumpulakan menggunakan dokumentasi dan angket yang terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitas, kemudian dianalisis menggunakan uji statistik dengan regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh antara variabel Jigsaw terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam, variabel Teams Games Tournament terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam, dan bagaimana variabel Jigsaw dan Teams Games Tournament secara bersama-sama mempengaruhi hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam.
Untuk memperoleh hasil penelitian, peneliti menggunakan dua uji yaitu uji F dan uji T, hasil dari uji Fdigunakan untuk mengetahui pengeruh fariabel Jigsaw terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam dan diperoleh nilai signifikasi sebesar <0,001. Sedangkan untuk varibel Teams Games Tournament terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam diberoleh nilai signifikasi sebesar <0,001 dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa kedua model pembelajarn secara parsial memberikan pengaruh yang signifikan. Lalu untuk mengetahui pengaruh kedua model pembelajaran secara simultan terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam, peneliti menggunaka uji T. Hasil dari uji T memiliki nilai signifikasi sebesar 0,005 untuk variabel Jigsaw dan 0,219 untuk variable Teams Games Tournament, dengan demikian secara parsial model Jigsaw memberikan pengaruh yang lebih dominan dibandingkan dengan model pembelajaran Teams Games Tournament.
Hasil penelitian ini mengimplikasikan bahwa penerapan model pembelajaran Jigsaw dan Teams Games Tournament (TGT) dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Model Jigsaw terbukti memberikan pengaruh yang lebih signifikan dan dominan secara parsial dibandingkan TGT, karena mampu mendorong tanggung jawab individu dan kerja sama kelompok secara seimbang. Sementara itu, model TGT juga berkontribusi positif, khususnya dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan kompetitif. Oleh karena itu, disarankan untuk mempertimbangkan penggunaan kedua model ini, baik secara bergantian maupun terpadu, guna menciptakan proses pembelajaran yang lebih variatif, partisipatif, dan berpusat pada peserta didik.
Kata Kunci: Model Jigsaw, Model Teams Games Tounament, Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam Pascasarjana |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ristiani Ristiani IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 08:07 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 08:07 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11488 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |