Rizal, Ahmad Fukhroni (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Team Game Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII SMP Plus Darunnaim Sekampung Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
AHMAD FUKHRONI RIZAL_210101003_PAI_2025.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Hasil belajar merupakan penilaian akhir yang diperoleh siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran. model pembelajaran tipe Team Games Tournamen (TGT) salah satu faktor yang berperan dalam mempengaruhi hasil belajar siswa. Di SMP Plus Darunnaim nilai hasil belajar cukup bervariatif. Untuk itu, peneliti mencoba mengkaji secara ilmiah mengenai adakah pengaruh model pembelajaran tipe Team Games Tournamen (TGT) terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam SMP Plus Darunniam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran tipe Team Games Tournamen (TGT) terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam SMP Plus Darunniam. Jenis penlitian ini perupakan penelitian ex post facto, yang mengkaji studi hubungan. Populasi pada penelitian ini sebaknyak 32 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penlitian menggunakan sampling total. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian angket (Quesioner) dan dokumentasi. Jenis angket yang digunakan adalah angket tertutup dengan 20 pertanyaan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penlitian adalah Korelasi Person Product Moment.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pemblajaran tipe Team Games Tournamen (TGT) terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII SMP Plus Darunnaim. Hal ini dapat dibuktikan menggunakan rumus Korelasi Person Product Moment r hitung dengan r tabel. Diketahui bahwa nilai r hitung 0,515 sedangkan r tabel pada taraf signifikan 5% yaitu 0,361 artinya r hitung > r tabel. Kemudian dibuktikan juga dengan rumus analisis Person Product Moment dengan mencari nilai T dengan hasil nilai thitung sebesar 3,294 sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikan 5% adalah 1,697 yang artinya thitung > ttabel . Selain itu dilihat dari hasil penghitungan menggunakan analisi uji determinasi R Square model pemblajaran tipe Team Games Tournamen (TGT) mempunyai pengaruh sebesar 26,6% dalam mempengaruhi hasil belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMP Plus Darunnaim dan sisanya (100% - 26,6% = 73,4%) dipengaruhi oleh variabel lain. Hasil tersebut menujukan bahwa model pemblajaran tipe Team Games Tournamen (TGT) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa maka dapat dikatakan hipotesis yang diajukan diterima.
Kata Kunci: Model pembelajaran tipe TGT, Hasil Belajar PAI
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Asna Aprillina IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 08:07 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 08:07 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11489 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |