Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penerapan Model Pembelajaran Examples Non Examples Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Mukti, Agil Belaning (2025) Penerapan Model Pembelajaran Examples Non Examples Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[thumbnail of AGIL BELANING MUKTI_2101031002_PGMI_2025.pdf] PDF
AGIL BELANING MUKTI_2101031002_PGMI_2025.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa merupakan salah satu permasalahan yang penting untuk di selesaikan saat ini. Hasil belajar merupakan kemampuan yang dimiliki siswa setelah menerima pengalaman belajar sebagai bukti keberhasilan dalam proses belajar mengajar. Model examples non examples merupakan model pembelajaran yang menitik beratkan pada pemahaman terhadap masalah yang dihadapi. Model ini mengharuskan siswa untuk berfikir kritis dengan memecahkan permasalahan- permasalahan yang termuat dalam gambar-gambar yang disajikan.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Peneliti berkolaborasi bersama guru kelas IV. Proses pembelajaran dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tiga pertemuan. Setiap siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Sumberrejo yang berjumlah 17 orang, terdiri atas 12 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan analisis data dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif.

Berdasarkan temuan penelitian ini bahwa: Pembelajaran dengan penggunaan model examples non examples dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SD Negeri 1 Sumberrejo. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes belajar siswa yang mencapai KKTP 70 pada siklus I dengan nilai rata-rata sebesar 63,82 meningkat menjadi 71,30, pada sisklus II hal ini mengalami peningkatan sebesar 84,41 dengan demikian hasil tersebut telah memenuhi target yang ditetapkan oleh peneliti sebesar 75%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran examples non examples efektif digunakan dalam proses pembelajaran karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci: Hasil belajar, Matematika dan Model Pembelajaran Examples Non Examples

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 29 Jul 2025 08:04
Last Modified: 29 Jul 2025 08:04
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11497

Actions (login required)

View Item View Item