Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Label Halal, Kesadaran Halal Serta Bahan Baku Terhadap Minat Beli Makanan dan Minuman (Studi Pada Masyarakat Desa Sido Mulyo Kecamatan Punggur)

Putri, Azahra Eka (2025) Pengaruh Label Halal, Kesadaran Halal Serta Bahan Baku Terhadap Minat Beli Makanan dan Minuman (Studi Pada Masyarakat Desa Sido Mulyo Kecamatan Punggur). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[thumbnail of AZAHRA EKA PUTRI_ 2103011015_ESY_2025.pdf] PDF
AZAHRA EKA PUTRI_ 2103011015_ESY_2025.pdf

Download (3MB)

Abstract

Produk makanan dan minuman merupakan produk kebutuhan primer manusia sehingga sangat dibutuhkan. Pada masyarakat muslim, produk makanan memiliki ketentuan yaitu terkait makanan halal agar sesuai syariat. Namun, banyak produk yang masih belum jelas terkait kehalalannya sehingga dapat mempengaruhi minat beli. Selain itu, bahan baku serta kesadaran halal masyarakat juga penting karena dianggap dapat mempengaruhi minat beli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh label halal, kesadaran halal serta bahan baku secara parsial maupun simultan terhadap minat beli makanan dan minuman.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Data yang digunakan adalah data primer, yang mana pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner. Populasi yang digunakan dalam penelitian adalah masyarakat muslim di Desa Sido Mulyo Kecamatan Punggur dan diambil sebanyak 96 responden yang ditentukan dengan rumus Slovin dengan menggunakan metode cluster sampling.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel label halal tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli sedangkan variabel kesadaran halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli dan variabel bahan baku berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Kemudian melalui uji F bahwa variabel label halal, kesadaran halal serta bahan baku berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap kepuasan pelanggan. R square sebesar 0,580 menunjukkan bahwa sebesar 58% variabel minat beli bisa dijelasakan oleh ketiga variabel independen yang digunakan dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya 42% dijelaskan oleh variabel lain diluar ketiga variabel yang digunakan dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Label Halal, Kesadaran Halal, Bahan Baku.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ristiani Ristiani IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 29 Jul 2025 08:04
Last Modified: 29 Jul 2025 08:04
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11498

Actions (login required)

View Item View Item