Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Strategi Pengembangan Usaha Catering ditinjau dari Marketing Syariah pada Catering Mamaku di Metro

Cahyaningtias, Dina Ayu (2025) Analisis Strategi Pengembangan Usaha Catering ditinjau dari Marketing Syariah pada Catering Mamaku di Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[thumbnail of Dina Ayu Cahyaningtias_1903010025_ESY_2025.pdf] PDF
Dina Ayu Cahyaningtias_1903010025_ESY_2025.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pengembangan usaha adalah tugas dan proses persiapan analitis tentang peluang pertumbuhan potensial, dukungan dan pemantauan pelaksanaan peluang pertumbuhan usaha, tetapi tidak termasuk keputusan strategi dan implementasi dari peluang pertumbuhan usaha. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji Strategi pengembangan usaha apa saja yang digunakan dalam catering mamaku, Strategi yang digunakan dalam usaha catering mamaku apakah sudah sesuai dengan pemasaran syariah adapun tujuan penelitian ini Untuk mengetahui strategi pengembangan usaha yang diterapkan di Catering mamaku metro.

Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah pemilik usaha Catering Mamaku yaitu Ibu Nurseha, anak pemilik usaha Balqis, Konsumen bernama Ibu Dwi dan Ibu Rita. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Teknik Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Penelitian ini mengunakan cara berfikir induktif, yaitu sesuatu cara berfikir yang berangkat dari fakta-fakta yang khusus dan kongkrit, peristiwa kongkrit, kemudian dari fakta atau peristiwa yang khusus dan kongkrit disebut ditarik secara generelasi yang mempunyai sifat umum. Berdasarkan keterangan tersebut, maka dalam menganalisa data.

Hasil penelitian ini Strategi pengembangan usaha Catering Mamaku yang ditinjau dari marketing syariah menunjukkan hasil yang belum positif. Dengan menerapkan aspek pemasaran syariah, Catering Mamaku mampu membangun bisnis yang terpercaya dan berkah. Strategi pemasaran dari mulut ke mulut, WhatsApp, Facebook, dan Instagram semuanya berkontribusi pada pertumbuhan usaha dengan cara yang etis dan berkelanjutan.

Kata Kunci : Strategi Pengembangan Usaha, Marketing Syariah, Catering Mamaku

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ristiani Ristiani IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 30 Jul 2025 06:32
Last Modified: 30 Jul 2025 06:32
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11526

Actions (login required)

View Item View Item