Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Upaya Guru Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak di TK ABA Sekampung Lampung Timur

Luvita, Zahra Orin and Rahma, Aulia (2025) Upaya Guru Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak di TK ABA Sekampung Lampung Timur. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 11 (1). ISSN 2549-3329

[thumbnail of Zahra Orin Luvita_2101040019_PIAUD_2025.pdf] PDF
Zahra Orin Luvita_2101040019_PIAUD_2025.pdf - Other

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi upaya guru dalam meningkatkan kemampuan sosial emosional anak berusia 4-5 tahun di TK ABA Sekampung, Lampung Timur. Permasalahan yang dihadapi adalah adanya anak yang kesulitan dalam berinteraksi sosial dan mengelola emosi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas A yang terdiri dari 12 anak (7 anak perempuan dan 5 anak laki-laki). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk menggali informasi mendalam melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan mulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lima upaya utama yang diterapkan oleh guru yaitu 1) permainan kolaboratif, 2) kegiatan seni, 3) diskusi kelompok, 4) penggunaan buku cerita, dan 5) pembelajaran berbasis proyek membantu anak-anak dalam mengekspresikan dan mengelola emosi, serta meningkatkan keterampilan social mereka. Dengan pendekatan ini, TK ABA Sekampung berhasil menciptakan lingkungan belajar yang mendukung pertumbuhan sosial emosional anak, mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan sosial di masa depan.

Kata Kunci: kemampuan sosial emosional, media permainan, upaya guru, strategi pembelajaran.

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 31 Jul 2025 08:22
Last Modified: 31 Jul 2025 08:22
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11532

Actions (login required)

View Item View Item