Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penggunaan Strategi Cooperative Learning Tipe Make a Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI di SDN 3 Simbarwaringin

Putri, Ridha Ningtias (2025) Penggunaan Strategi Cooperative Learning Tipe Make a Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI di SDN 3 Simbarwaringin. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[thumbnail of RIDHA NINGTIAS PUTRI_2101010063_PAI_2025.pdf] PDF
RIDHA NINGTIAS PUTRI_2101010063_PAI_2025.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan salah satu mata pelajaran yang dipelajari di sekolah dasar. Dengan mempelajari PAI dapat membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada tuhan yang maha esa dan berakhlak mulia. Oleh karena itu, pendidik harus selalu kreatif menerima dan membangun model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar PAI kelas V SDN 3 Simbarwaringin yang masih rendah karena dalam kegiatan proses pembelajaran pendidik masih menggunakan metode yang kurang tepat dan monoton yaitu metode ceramah tanpa ada variasi pembelajaran. Hal tersebut dapat dillihat dengan hasil pra survey 65% atau 11 dari 17 peserta didik yang tidak tuntas. Sehingga peneliti menggunakan salah satu alternative dengan strategi Cooperative Learning Tipe Make A match dalam proses mengajar untuk meminimalisir kondisi tersebut agar hasil belajar meningkat dan lebih baik.

Peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar, dokumentasi, observasi. Peneliti bertindak sebagai kolaborator, pembelajaran dilakukan selama 2 siklus dengan 6 kali pertemuan. Analisis penelitiannya peneliti menggunakan analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Adapun tujuan dalam penelitian ini, untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dalam penggunaan strategi Cooperative Learning tipe Make A Match pada mata pelajaran PAI Kelas V SDN 3 Simbarwaringin.

Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa dengan menggunakan strategi Cooperative Learning tipe Make A Match, hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan. Pada siklus I hasil belajar siswa 52,94% dan pada siklus II meningkat menjadi 82,35%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi Cooperative Learning tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar pada mata Pelajaran PAI pada peserta didik kelas V SDN 3 Simbarwaringin dan tetap dapat digunakan dalam pembelajaran.

Kata kunci: Strategi Cooperative Learning Tipe Make a Match, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 31 Jul 2025 08:23
Last Modified: 31 Jul 2025 08:23
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11533

Actions (login required)

View Item View Item