Audrey, Atika Wibi (2025) Pengaruh Metode Resitasi Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs N 1 Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
ATIKA WIBI AUDREY_2101011014_PAI_2025.pdf - Other Download (8MB) |
Abstract
Pendidikan bukan sekedar kewajiban, tetapi suatu kebutuhan yang berkembang seiring dengan adanya pendidikan. Keberhasilan pendidikan ditentukan oleh bagaimana proses pembelajaran berlangsung. Metode resitasi (penugasan) adalah cara penyampaian materi pelajaran dimana guru memberikan tugas kepada siswa untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran. Keaktifan belajar merupakan upaya atau kegiatan yang dilakukan dengan semangat dalam proses belajar. Keaktifan siswa dapat terlihat dari partisipasi mereka dalam setiap tahap pembelajaran.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat pengaruh metode resitasi terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs N 1 Lampung Timur?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode resitasi terhadap keaktifan belajar Sejarah Kebudayaan Islam di MTs N 1 Lampung Timur Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Instrumen pengumpulan datanya menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data uji t dan koefisien determinasi. Sedangkan sampel yang digunakan peneliti sebanyak 75 siswa.
Adapun hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh metode resitasi terhadap keaktifan belajar Sejarah Kebudayaan Islam di MTs N 1 Lampung Timur, hasil tersebut diperoleh dari nilai t hitung lebih besar dari nilai t table yaitu 11,335 > 1,66660 pada taraf 5%, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil lain juga dibuktikan dengan hasil koefisien determinasi 0,638 berada pada kualifikasi tinggi yang menunjukkan presentase pengaruh variabel bebas 63,8%. Jadi kontribusi pengaruh dari Metode Resitasi terhadap Keaktifan Belajar sebesar 63,8% sedangkan sisanya 36,2% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata kunci: Metode Resitasi, Keaktifan Belajar, dan Sejarah Kebudayaan Islam
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Asna Aprillina IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 08:24 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 08:24 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11535 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |