Hasanah, Silvia Imroatun (2025) Pengaruh Diskon dan Affiliate Marketing Tiktok Shop Terhadap Pembelian Impulsif pada Mahasiswa Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Negeri Metro Lampung. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
Silvia Imroatun Hasanah_2103010071_ESY_2025.pdf Download (3MB) |
Abstract
Kemajuan teknologi dan akses internet di Indonesia telah mengubah pola konsumsi, terutama di kalangan mahasiswa yang kini lebih sering berbelanja secara online melalui platform seperti TikTok Shop. Fenomena ini dipicu oleh strategi pemasaran digital seperti diskon dan affiliate marketing yang mampu memengaruhi emosi dan keputusan pembelian secara spontan. . Prasurvei terhadap mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Metro menunjukkan bahwa mayoritas pernah melakukan pembelian impulsif karena terpengaruh promosi. Kebiasaan ini, yang sebagian besar didanai dari uang saku orang tua, berpotensi menimbulkan dampak negatif terhadap keuangan pribadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sejauh mana diskon dan affiliate marketing TikTok Shop berpengaruh terhadap perilaku pembelian impulsif mahasiswa.
Pendekatan penelitian pada penelitian ini mengunakan pendekatan kuantiatif bersifat asosatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrument angket dengan skala likert. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Ekonomi Syariah Angkatan 2020 dan 2021 FEBI IAIN Metro dan menggukan teknik sampling stratified random sampling dan menggunakan rumus slovin diperoleh sampel sebanyak 80 responden. Data di analisis mengunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan penguji asumsi klasik dan asumsi hipotesis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa diskon tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif sedangkan affiliate marketing berpengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif. Kemudian melalui uji F bahwa diskon dan affiliate marketing berpengaruh signifikan secara bersama sama terhadap pembelian impulsif. Adjusted R Squere sebesar 0,487 menunjukkan bahwa sebesar 48,7% variasai pembelian impulsif bias dijelasakan oleh kedua variabel independen yang digunakan dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya 51,3% dijelaskan oleh variabel lain diluar kedua variabel yang digunakan dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Diskon, Affiliate Marketing, Pembelian Impulsif, TikTok Shop
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ristiani Ristiani IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 08:33 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 08:33 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11555 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |