Zulkarnain, Ratna Lana (2025) Implementasi Strategi Pemasaran Produk Perspektif Etika Bisnis Islam di CV. Salim Abadi Kecamatan Punggur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
Ratna Lana Zulkarnain_2103010058_ESY_2025.pdf Download (6MB) |
Abstract
Strategi pemasaran adalah serangkaian rencana dan tindakan terstruktur bertujuan untuk memperkenalkan, mempromosikan serta mendistribusikan produk atau jasa kepada pelanggan secara efektif. Sementara itu, Etika merupakan cabang filsafat yang membahas nilai-nilai yang menentukan perilaku manusia, seperti apa yang dianggap benar dan salah. Dalam konteks bisnis Islam, etika merujuk pada prinsip-prinsip moral yang bersumber dari Al-Qur’an dan Hadist yang menjadi landasan dalam menjalankan aktivitas ekonomi dengan tujuan memperoleh keberhakahan dunia dan akhirat. Strategi pemasaran dan prinsip etika bisnis Islam sangat penting, terutama dalam iklim usaha yang kompetitif saat ini, dimana banyak pelaku usaha cenderung mengabaikan nilai-nilai etika demi mengejar keuntungan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Prinsip Etika Bisnis Islam Pada Strategi Pemasaran Produk CV. Salim Abadi Di Kecamatan Punggur. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseacrh). Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Sedangkan sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Dalam pengambilan data menggunakan teknik purposive samping.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa CV. Salim Abadi telah menerapkan strategi pemasaran (product, price, place dan promotion) dengan prinsip etika bisnis Islam yaitu prinsip tauhid, keadilan, kehendak bebas, tanggung jawab dan kejujuran. Namun demikian, ditemukan adanya indikasi penyimpanan stok dalam jumlah besar menjelang musim tanam, yang kemudian disimpan dahulu beberapa minggu bahkan bulan, setelah pasokan barang langka dipasaran dan harga mulai naik barulah perusahaan menjual dengan harga yang lumayan cukup tinggi. Praktik ini tidak sejalan dengan prinsip-prinsip keadilan dan prinsip kejujuran dalam Islam karena berpotensi menimbulkan kelangkaan semu di pasar dan merugikan pelanggan. Oleh karena itu, Implementasi strategi pemasaran produk perspektif etika bisnis Islam di CV. Salim Abadi Kecamatan Punggur belum sepenuhnya terlaksana secara menyeluruh dan konsisten dalam seluruh aspek pemasaran.
Kata kunci : Etika Bisnis Islam, Strategi Pemasaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ristiani Ristiani IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 08:35 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 08:35 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11559 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |