Muzaki, Naufal (2025) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Kepekaan Sosial Siswa SMP Negeri 1 Labuhan Maringgai. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
Naufal Muzaki_2101011064_PAI_2025.pdf - Other Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh menurunnya kepekaan sosial di kalangan remaja akibat perkembangan teknologi komunikasi yang mengurangi interaksi langsung. Fenomena ini berpotensi menimbulkan dampak negatif seperti kesulitan berinteraksi, perundungan, dan memudarkan identitas Indonesia sebagai bangsa berjiwa sosial tinggi. Mengingat ajaran Islam sangat menekankan pentingnya hubungan sosial, guru Pendidikan Agama Islam (PAI) memegang peran krusial dalam menumbuhkan kembali kepekaan sosial siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menjawab dua pertanyaan penelitian: pertama, bagaimana peran guru PAI dalam menumbuhkan kepekaan sosial siswa di SMP Negeri 1 Labuhan Maringgai, dan kedua, apa saja faktor pendukung serta penghambat yang dihadapi guru dalam proses tersebut.
Untuk menjawab pertanyaan tersebut, penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi non-partisipan, dan dokumentasi. Sumber data primer penelitian adalah guru PAI dan siswa kelas VII, sedangkan waka kurikulum menjadi sumber data sekunder.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI menjalankan empat peran utama. Sebagai pengajar, guru menggunakan metode kisah teladan dan diskusi untuk menumbuhkan perspective taking dan emphatic concern. Sebagai pembimbing, guru melakukan konseling dan pembiasaan kegiatan sosial seperti infaq untuk melatih emphatic concern dan fantasy. Sebagai ilmuwan, guru mengaitkan ajaran agama dengan isu sosial kontemporer. Terakhir, sebagai pribadi, guru menjadi teladan dalam sikap peduli, yang secara efektif dicontoh oleh siswa. Faktor pendukung utama meliputi dukungan sekolah melalui kurikulum dan kegiatan sosial (Jum'at Beriman, Pramuka), serta kolaborasi dengan orang tua. Faktor penghambatnya adalah kurangnya konsentrasi dan empati siswa serta pengaruh negatif dari lingkungan keluarga, yang diatasi guru melalui pembelajaran interaktif dan kerja sama dengan orang tua
Kata Kunci: Peran guru PAI, Kepekaan Sosial
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Asna Aprillina IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 08:29 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 08:29 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11564 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |