Prasetiya, Rama Eka (2025) Korelasi Pemahaman Ilmu Tajwid Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa SMPQ Yayasan Pondok Pesantren Tri Bhakti At-Taqwa Raman Utara Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
![]() |
Text
Rama Eka Prasetiya_2101011078_PAI_2025.pdf Download (7MB) |
![]() |
PDF
Rama Eka Prasetiya_2101011078_PAI_2025.pdf - Other Download (7MB) |
Abstract
Membaca Al-Qur’an dengan baik tidak hanya soal melafalkan huruf, tetapi juga memahami kaidah tajwid agar bacaan tepat dan tidak mengubah makna. Pemahaman tajwid sangat penting karena kesalahan bacaan bisa menimbulkan kekeliruan arti. Oleh karena itu, tajwid menjadi bagian utama dalam pendidikan Islam, khususnya dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an di sekolah dan pesantren.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat korelasi pemahaman ilmu tajwid dengan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa SMPQ Yayasan Pondok Pesantren Tri Bhakti At-Taqwa Raman Utara Lampung Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket sebagai metode pokok dan dokumentasi sebagai metode pendukung. Teknik analisis data dalam penelitian ini penulis menggunakan rumus Korelasi Product Moment dengan bantuan aplikasi SPSS. Hipotesis penelitian ini adalah “Ada korelasi pemahaman ilmu tajwid terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa SMPQ Yayasan Pondok Pesantren Tri Bhakti At-Taqwa Raman Utara Lampung Timur.” Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berjumlah 120 siswa dengan sampel yang diambil 32 siswa dengan teknik simple random sampling.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dipaparkan sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara Pemahaman Ilmu Tajwid dengan Kemampuan Membaca Al-Qur’an siswa SMPQ Yayasan Pondok Pesantren Tri Bhakti At-Taqwa, Raman Utara, Lampung Timur. Hal ini dibuktikan melalui hasil analisis korelasi Pearson Product Moment dengan nilai signifikansi sebesar 0,003 < 0,05 dan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,512. Artinya, semakin tinggi pemahaman siswa terhadap ilmu tajwid semakin baik pula kemampuan mereka dalam membaca Al-Qur’an. Dengan hal ini, Hipotesis alternative (Ha) diterima. Penelitian ini membuktikan bahwa pemahaman ilmu tajwid berkontribusi besar terhadap kelancaran, ketepatan, dan kejelasan dalam membaca Al-Qur’an sesuai tuntunan Rasulullah SAW. Kemampuan ini juga dipengaruhi oleh faktor internal seperti motivasi dan kedisiplinan, serta faktor eksternal seperti peran guru dan lingkungan belajar. Temuan ini sejalan dengan penelitian sebelumnya yang menunjukkan hubungan positif antara pemahaman tajwid dan keterampilan membaca Al-Qur’an. Oleh karena itu, pembelajaran tajwid yang sistematis dan aplikatif sangat penting dalam membentuk generasi yang mampu membaca Al-Qur’an dengan baik.
Kata Kunci: Korelasi, Pemahaman Ilmu Tajwid, Membaca Al-Qur’an
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Asna Aprillina IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 08:31 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 08:31 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11566 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |