Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Minat Masyarakat Terhadap Penggunaan E-Banking (Studi Kasus Masyarakat 29 Banjarsari Metro Utara Kota Metro)

Febbyansyah, Wahyu (2025) Minat Masyarakat Terhadap Penggunaan E-Banking (Studi Kasus Masyarakat 29 Banjarsari Metro Utara Kota Metro). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[thumbnail of WAHYU FEBBYANSYAH_1804102042_PBS_2025.pdf] PDF
WAHYU FEBBYANSYAH_1804102042_PBS_2025.pdf

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini berjalan sangat pesat dan dapat dimanfaatkan oleh siapapun. Adanya pertumbuhan teknologi informasi, pihak bank menyediakan layanan yang mempermudah nasabah untuk proses transaksi dengan meluncurkan layanan electronik banking atau yang lebih dikenal dengan e-banking. Melalui e-banking, layanan perbankan menjadi lebih cepat, efisien, dan mudah diakses kapan saja dan di mana saja. Fokus dalam penelitian ini adalah Bagaimana Minat Masyarakat Banjarsari Terhadap Penggunaan E-Banking? dan Faktor apa saja yang mempengaruhi minat masyarakat Banjarsari Terhadap Penggunaan E-Banking?

Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan model penelitian kualitatif lapangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data terdiri dari tiga aktivitas yang berlangsung yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat masyarakat Banjarsari terhadap penggunaan layanan E-Banking beragam, dipengaruhi oleh usia, latar belakang pekerjaan, kebutuhan, serta tingkat pemahaman teknologi. Sebagian masyarakat, khususnya yang memiliki aktivitas ekonomi tinggi dan melek teknologi, menunjukkan minat yang tinggi terhadap penggunaan E-Banking. Mereka memanfaatkan layanan ini untuk berbagai kebutuhan transaksi, seperti transfer dana, pembayaran tagihan, hingga pembelian token listrik, karena menganggapnya praktis, cepat, dan efisien. Namun, terdapat pula masyarakat yang minatnya rendah atau tidak menggunakan E-Banking sama sekali. Hal ini bukan disebabkan oleh penolakan terhadap teknologi, melainkan karena kebutuhan transaksi yang minim, preferensi terhadap uang tunai, keterbatasan akses dan waktu akibat aktivitas kerja. Adapun faktor yang memengaruhi minat masyarakat banjarsari terhadap penggunaan E-Banking yaitu faktor ekstrinsik: Pertama, faktor kemudahan akses dan penggunaan menjadi pendorong dominan, di mana masyarakat cenderung lebih berminat apabila layanan E-Banking mudah digunakan, dapat diakses kapan saja. Kedua, aspek keamanan dan kepercayaan. Kekhawatiran terhadap penipuan digital dan peretasan data menyebabkan sebagian masyarakat ragu dalam menggunakan layanan ini. Ketiga, faktor ketersediaan infrastruktur teknologi, seperti akses internet yang stabil. Keempat, efisiensi waktu dan biaya yang ditawarkan oleh layanan E-Banking turut memengaruhi preferensi masyarakat. Kelima, pengaruh sosial dan promosi juga menjadi pemicu minat, khususnya pada generasi yang lebih muda dan melek digital.

Kata Kunci: Minat Masyarakat, E-Banking

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Ristiani Ristiani IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 05 Aug 2025 08:32
Last Modified: 05 Aug 2025 08:32
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11570

Actions (login required)

View Item View Item