Yuniar, Pera (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievment Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
Pera Yuniar_2101030023_PGMI_2025.pdf - Other Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV di SDN 2 Metro Selatan, yang disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran yang kurang bervariasi. Metode tersebut kurang melibatkan siswa secara aktif sehingga menyebabkan siswa tidak fokus, tidak memahami materi, dan kurang termotivasi dalam mengikuti pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar peserta didik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SDN 2 Metro Selatan yang berjumlah 24 orang, dan seluruhnya dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon dan uji N-Gain.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dalam belajar antara hasil pre-test dan post-test. Nilai Asymp. Sig (2-tailed) adalah 0,02 < 0,05 yang menunjukan bahwa hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima dan pada pengujian N-Gain menunjukan hasil bahwa nilai rata-rata keseluruhan N-Gain sebesar 0,2044 artinya terdapat peningkatan yang masuk ke dalam kategori rendah. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa metode Student Team Achievement Division (STAD) terbukti efektif digunakan dalam meningkatkan hasil belajar pendidikan pancasila kelas IV SDN 2 Metro Selatan .
Kata Kunci: STAD, Model Pembelajaran Kooperatif, Hasil Belajar Pendidikan Pancasila
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Asna Aprillina IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 08:33 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 08:33 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11571 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |