Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPAS Kelas III di SD Negeri 8 Metro Utara

Fadilah, Ulfa Nur (2025) Strategi Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPAS Kelas III di SD Negeri 8 Metro Utara. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[thumbnail of ULFA NUR FADILAH_2101032026_PGMI_2025.pdf] PDF
ULFA NUR FADILAH_2101032026_PGMI_2025.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Strategi guru merupakan bagian penting dari proses pembelajaran. Jika strategi tersebut tidak terdapat dalam proses pembelajaran, maka akan mempengaruhi proses pembelajaran dan hasil pembelajaran. Strategi guru dilakukan untuk membuat proses pembelajaran lebih menyenangkan dan menarik perhatian siswa sehingga siswa lebih bersemangat dan tujuan pembelajaran dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS).

Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya minat belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran IPAS, yang ditandai dengan kurangnya perhatian, semangat, dan keterlibatan siswa selama kegiatan belajar mengajar berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran IPAS kelas III di SD Negeri 8 Metro Utara.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang peneliti lakukan di SD Negeri 8 Metro Utara dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan Teknik Analisis Data yang dilakukan menggunakan model Miles and Hubberman yang mana setelah data semua dikumpulkan kemudian di Reduksi Data atau di pilih, setelah itu Penyajian Data dan yang terakhir yaitu Penarikan Kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan beberapa strategi untuk meningkatkan minat belajar siswa, di antaranya adalah penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi, pemberian motivasi dan reward, pengelolaan kelas yang baik, serta melibatkan siswa dalam proses pembelajaran. Strategi tersebut mampu menciptakan suasana belajar yang lebih menarik dan menyenangkan, sehingga siswa menjadi lebih aktif dan antusias dalam mengikuti pembelajaran. Selain itu, penelitian ini juga mengungkapkan adanya faktor pendukung seperti fasilitas belajar dan dukungan dari orang tua, serta faktor penghambat seperti kejenuhan dan kurangnya perhatian. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi guru dalam merancang pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar siswa.

Kata Kunci: Strategi Mengajar, Minat Belajar, Pembelajaran IPAS

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 05 Aug 2025 08:28
Last Modified: 05 Aug 2025 08:28
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11573

Actions (login required)

View Item View Item