Khoirunnisa, Kiki (2025) Analisis Semiotika John Fiske Pada Iklan Im3 “Dekatkan Jarak Nyatakan Silaturrahmi” di Youtube. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
Kiki Khairunisa_2104010008_KPI_2025.pdf - Other Download (3MB) |
Abstract
Iklan merupakan bagian dari sarana komunikasi pemasaran yang dirancang untuk memperkenalkan produk, layanan, atau ide kepada publik. Iklan IM3 “Dekatkan Jarak, Nyatakan Silaturrahmi” merupakan kampanye Ramadan yang sarat makna, menyoroti isu kesenjangan komunikasi antara generasi muda dan orang tua dalam era digital. Iklan ini tidak hanya menawarkan nilai emosional, tetapi juga membawa pesan dakwah yang relevan, yakni pentingnya menjaga hubungan kekeluargaan dan menyatakan kasih sayang secara nyata, khususnya di bulan suci Ramadan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui level realitas, representasi dan ideologi yang terkandung dalam iklan IM3 ”Dekatkan Jarak Nyatakan Silaturrahmi”. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) yang memanfaatkan sumber literatur sebagai basis data utama. Sumber data primer diperoleh langsung melalui iklan IM3 “Dekatkan Jarak, Nyatakan Silaturrahmi” yang diakses dari channel YouTube, sedangkan sumber data sekunder berupa literatur pendukung. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Data dianalisis menggunakan model semiotika John Fiske yang memfokuskan pada level realitas, representasi, dan ideologi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa Analisis Semiotika John Fiske Pada Iklan Im3 “Dekatkan Jarak Nyatakan Silaturrahmi” Di Youtube tidak hanya menampilkan realitas kehidupan modern, tetapi juga menyelipkan pesan mendalam terkait pentingnya komunikasi emosional dalam keluarga. Pada level realitas, iklan menampilkan situasi yang dekat dengan keseharian, seperti interaksi digital yang tertunda antara ibu dan anak. Pada level representasi, simbol-simbol visual seperti pesan belum terbaca, album foto, hingga konser musik menggambarkan dinamika hubungan lintas generasi dan pentingnya introspeksi. Sedangkan pada level ideologi, iklan ini menanamkan nilai-nilai moral seperti empati, penghargaan terhadap orang tua, serta peran teknologi sebagai penghubung, bukan pemisah. Iklan ini juga mengandung pesan dakwah yang kuat, terutama dalam konteks pentingnya silaturrahmi, sebagaimana ditegaskan dalam hadis Rasulullah SAW, bahwa menyambung tali silaturrahmi adalah jalan menuju keberkahan rezeki dan umur panjang. Hal ini diperkuat dengan teori Roland Barthes, ia membentuk makna melalui simbol-simbol nyata (realitas/denotasi), membingkai interpretasi dengan teknik media (representasi/konotasi), dan menyisipkan nilai-nilai budaya serta religius (ideologi/mitos). Dengan pendekatan budaya populer, IM3 berhasil mengangkat nilai- nilai keislaman secara halus namun menyentuh, menjadikan iklan ini sebagai medium dakwah kultural yang efektif di era digital.
Kata Kunci: Pesan Dakwah, Iklan, Semiotika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Divisions: | Fakultas Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Asna Aprillina IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 08:28 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 08:28 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11574 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |