Weliska, Nova Lia Rahma (2025) Pengaruh Viral Marketing dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Gen Z di Kecamatan Metro Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
NOVA LIA RAHMA WELISKA_2103012024_ESY_2025.pdf Download (5MB) |
Abstract
Perkembangan media sosial yang pesat telah mengubah strategi pemasaran digital, terutama melalui viral marketing, yang efektif menjangkau Generasi Z. Selain itu, persepsi harga juga berperan penting dalam keputusan pembelian, karena konsumen muda cenderung mempertimbangkan kesesuaian antara harga dan manfaat produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh viral marketing dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian Generasi Z di Kecamatan Metro Selatan.
Jenis penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Data pada penelitian ini dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner menggunakan skala likert. Sampel pada penelitian ini ditentukan menggunakan rumus cochran.sehingga mendapatkan sampel sebesar 97 responden. Data dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan SPSS versi 26.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Viral Marketing (X1) tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y), dengan t-hitung 1,824 < t-tabel 1,984 dan signifikansi 0,071 > 0,05. Sebaliknya, Persepsi Harga (X2) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y), ditunjukkan oleh t-hitung 3,148 > t-tabel 1,984 dan signifikansi 0,002 < 0,05. Dengan demikian, hanya Persepsi Harga yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Gen Z.
Kata Kunci: Gen Z, Keputusan Pembelian, Persepsi Harga, Viral Marketing.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ristiani Ristiani IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 08:02 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 08:02 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11583 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |