Hidayati, Alfina (2025) Pengaruh Game Mobile Legends Terhadap Akhlak Remaja di Desa Simbarwaringin Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
ALFINA HIDAYATI_2101010009_PAI_2025.pdf - Other Download (7MB) |
Abstract
Pengaruh Game Mobile Legends Terhadap Akhlak Remaja di Desa Simbarwaringin Lampung Tengah Alfina Hidayati 2101010009 Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi telah mengubah kehidupan manusia secara signifikan, termasuk kemudahan akses internet. Game Mobile Legends merupakan salah satu game online yang mencerminkan pesatnya perkembangan teknologi elektronik di era globalisasi saat ini. Maraknya penggunaan game online di kalangan remaja, khususnya Mobile Legends telah menjadi fenomena global, termasuk di Desa Simbarwaringin, Lampung Tengah. Intensitas bermain game ini dikhawatirkan berdampak terhadap akhlak remaja, khususnya dalam aspek hubungan dengan Allah dan sesama manusia.. Banyak remaja yang menghabiskan waktu berjam-jam untuk bermain game ini, yang dikhawatirkan mempengaruhi perilaku dan akhlak mereka. Akhlak yang seharusnya mencerminkan perilaku terpuji mulai tergeser oleh kebiasaan seperti berkata kasar, melalaikan ibadah, melawan orang tua, dan malas belajar.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “Apakah Ada pengaruh Game Mobile Legends terhadap akhlak remaja di Desa Simbarwaringin, Lampung Tengah?”. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh game mobile legends terhadap akhlak remaja di Desa Simbarwaringin.
Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian berjumlah 35 remaja usia 17-23 tahun yang aktif bermain Mobile Legends di Dusun 11D, yang sekaligus menjadi sampel melalui teknik total sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Instrumen penelitian diuji validitas dan reliabilitasnya menggunakan SPSS. Teknik analisis data menggunakan korelasi Pearson Product Moment.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh game mobile legends terhadap akhlak remaja di Desa Simbarwaringin. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil uji hipotesis yang menunjukkan bahwa rhitung > r tabel (0,989 > 0,334) pada taraf signifikansi 5%, sehingga hipotesis penulis diterima atau Ha diterima dan H0 ditolak. Kemudian tingkat koefisien korelasi hubungan keduanya yaitu nilai r sebesar 0,989 berada diantara nilai 0,800-1,000, sehingga dapat diketahui bahwa ada pengaruh yang sangat kuat. Artinya, semakin tinggi intensitas bermain game mobile legends, semakin besar potensi dampak negatifnya nya pada akhlak remaja, khususnya dalam aspek akhlak kepada Allah dan akhlak kepada sesama manusia.
Kata Kunci: Game Mobile Legends, Akhlak, Remaja
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Asna Aprillina IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 08:03 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 08:03 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11584 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |