Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Hubungan Layanan Bimbingan dan Konseling dengan Motivasi Belajar Siswa di SMK Negeri 1 Metro

Olivia, Anisa (2025) Hubungan Layanan Bimbingan dan Konseling dengan Motivasi Belajar Siswa di SMK Negeri 1 Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[thumbnail of Anisa Olivia_2101011008_PAI_2025.pdf] PDF
Anisa Olivia_2101011008_PAI_2025.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Motivasi belajar merupakan keseluruhan daya penggarak di dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar, yang menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar dan yang memberikan arah pada kegiatann belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subjek pelajar itu dapat tercapai. Siswa yang memiliki motivasi kuat akan mempunyai banyak energi dalam kegiatan belajar. Sebagai respon terhadap tantangan-tantangan ini, Sekolah menyediakan bimbingan dan konseling untuk membantu siswa mengatasi masalah pribadi, sosial, dan akademik, serta meningkatkan kesejahteraan psikologis. Layanan ini juga memberi arahan, dukungan emosional, dan strategi menghadapi kesulitan belajar, demi mendukung motivasi belajar siswa.

Adapun rumusan masalah pada penelitian ini yakni “Apakah ada hubungan antara layanan bimbingan dan konseling dengan motivasi belajar siswa di SMK Negeri 1 Metro”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Layanan Bimbingan dan Konseling dengan Motivasi Belajar Siswa di SMK Negeri 1 Metro. Adapun hipotesis yang peneliti ajukan dalam penelitian ini yaitu ada hubungan antara layanan bimbingan dan konseling dengan motivasi belajar siswa di SMK Negeri 1 Metro. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X perhotelan SMK Negeri 1 Metro. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi pearson product moment yang dilanjutkan dengan Uji T untuk menguji hipotesisnya.

Berdasarkan dari pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus pearson product moment diperoleh nilai r hitung sebesar 0,413 berada pada interval nilai koefisien 0,40 sampai dengan 0,599 dan tingkat hubungan variabel X dan variabel Y tergolong sedang. Kemudan dibuktikan juga dengan rumus analisis data korelasi pearson product moment yaitu t hitung sebesar 2,482 dengan t tabel df 30 sebesar 1,697 artinya t hitung lebih besar dari t tabel, dengan taraf signifikan 5% sehingga dapat diketahui bahwa hipotesis alternatif (Ha) dalam penelitian ini diterima, hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara layanan bimbingan dan konseling dengan motivasi belajar siswa SMK Negeri 1 Metro.

Kata kunci : Layanan Bimbingan dan Konseling, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 11 Aug 2025 07:59
Last Modified: 11 Aug 2025 07:59
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11592

Actions (login required)

View Item View Item