Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Menggunakan Media Gambar Seri Pada Siswa Kelas III SD Negeri 09 Metro Pusat

Kumalasari, Desi (2025) Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Menggunakan Media Gambar Seri Pada Siswa Kelas III SD Negeri 09 Metro Pusat. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[thumbnail of DESI KUMALASARI_2101031005_PGMI_2025.pdf] PDF
DESI KUMALASARI_2101031005_PGMI_2025.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Media Gambar seri cocok digunakan di UPTD SD Negeri 09 Metro Pusat karena, guru masih menggunakan metode ceramah. Sehingga siswa kurang terlibat dalam pembelajaran dan kurang tertarik dalam mengikuti pembelajaran Bahasa Indonesia. Serta hasil belajar siswa masih dibawah 50% tuntas dari nilai KKTP. Oleh karena itu, peneliti menerapkan pembelajaran dengan menggunakan media gambar seri untuk membuat proses pembelajaran Bahasa Indonesia menjadi menyenangkan, serta siswa dapat menjadi lebih aktif dalam belajar dan tercapainya tujuan pembelajaran.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah Rendahnya kemampuan menulis siswa yang dtunjukan dengan hanya 45% siswa yang mencapai nilai kriteria ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP) pada pelaajaranBahasa Indonesia. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis karangan sederhana siswa kelas III UPTD SD Negeri 09 Metro Pusat dengan menggunakan media pembelajaran media gambar seri.

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan media Pembelajaran Media gambar seri. Subjek penelitian adalah siswa kelas III UPTD SD Negeri 09 Metro Pusat yang berjumlah 20 siswa. Dengan penelitian yang terdiri dari dua siklus , dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat ketuntasan keterampilan menulis siswa pada siklus I diketahui keterampilan menulis siswa sebesar 55%, Sedangkan pada siklus II hasil kerja siswa sebesar 90%, jadi 18 dari 20 siswa yang sudah tuntas. Tingkat ketuntasan keterampilan menulis siswa pada siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan 35% menjadi 90%. Maka target yang diinginkan telah tercapai untuk ketuntasan keterampilan menulis dengan nilai KKTP 70. Pembelajaran menggunakan media pembelajaran media gambar seri telah mencapai target yang diinginkan dan berhenti pada siklus II.

Kata kunci : Keterampilan Menulis, Bahasa Indonesia, dan Media Gambar Berseri

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 11 Aug 2025 08:00
Last Modified: 11 Aug 2025 08:00
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11594

Actions (login required)

View Item View Item