Fatmasari, Eka (2025) Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) Siswa Kelas IV SD Nahdlatul Ulama Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
EKA FATMASARI_2101032008_PGMI_2025.pdf - Other Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yaitu, peserta didik sulit dalam memahami materi yang diajarkan guru. Beberapa peserta didik cenderung asik bermain dan berdiskusi sendiri, ketika guru sedang menjelaskan materi di depan, peserta didik bermain bahkan berjalan kesana kemari, sehingga suasana kelas tidak kondusif. Kondisi tersebut berakibat pada hasil belajar siswa menjadi kurang maksimal. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini yaitu ―Apakah terdapat pengaruh penggunaan media gambar terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SD Nahdlatul Ulama Metro?‖. Berdasarkan fakta yang ada diatas maka diperlukan media yang tepat untuk menunjang berlangsungnya pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh media gambar terhadap hasil belajar IPAS kelas IV SD Nahdlatul Ulama Metro dan untuk membuktikan adanya perbedaan hasil belajar siswa yang belajar dengan menggunakan media gamber dengan siswa yang tidak menggunakan media gambar di kelas IV SD Nahdlatul Ulama Metro.
Penelitian ini merupakan penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif jenis (Quasy Eskperimen design). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Nahdlatul Ulama Metro. Sampel dalam penelitian kelas IV A sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran menggunakan media gambar, sedangkan kelas IV B sebagai kelas kontrol dengan mengguanakan pembelajaran konvensioanl. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah tes yang diberikan sebelum kegiatan pembelajaran (pre-test) dan tes yang diberikan sesudah pembelajaran (post-test), observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan uji mann whitney dan uji N-Gain dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Versi 26.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dari data penelitian dipeoleh hasil uji hipotesis menggunakan uji mann whitney dengan nilai signifikansi 0,000 (Asymp.Sig < 0,05). Sehingga terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Nahdlatul Ulama Metro yang menggunakan media gambar dengan hasil belajar yang mennggunakan pembelajaran konvensional.
Kata Kunci: Media Gambar, Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Asna Aprillina IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 08:00 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 08:00 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11595 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |