Anggraeni, Ria Nur (2025) Analisis Strategi Guru dalam Membangun Kedisiplinan Siswa SD Negeri 21 Tumijajar. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
RIA NUR ANGGRAENI_2101032023_PGMI_2025.pdf - Other Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi guru dalam membangun kedisiplinan siswa serta mengidentifikasi kendala-kendala yang dihadapi guru dalam membangun kedisiplinan siswa di SD Negeri 21 Tumijajar. Latar belakang penelitian ini ditemukan bahwa terdapat siswa yang menunjukkan perilaku seperti membuat kegaduhan saat guru mengajar, melamun di kelas, serta lalai dalam mengerjakan tugas. Selain itu, motivasi belajar siswa terlihat rendah, ditandai dengan keengganan membaca buku dan bahkan ada yang tertidur di kelas. Kondisi tersebut menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang digunakan belum mampu membentuk kedisiplinan secara optimal. Selain itu, terdapat faktor- faktor lain seperti kurangnya motivasi siswa dan minimnya keterlibatan orang tua. Oleh karena itu, dalam permasalahan ini diperlukan strategi guru yang ada di sekolah tersebut serta wali kelas dalam membina dan membimbing siswa agar menjadi lebih baik.
Jenis penelitian adalah kualitatif dan bersifat deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan menggunakan model Miles Huberman dimana setelah data terkumpul kemudian data di reduksi setelah itu data di sajikan dan yang terakhir penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di SD Negeri 21 Tumijajar menerapkan berbagai strategi dalam membangun kedisiplinan siswa, di antaranya adalah ketertiban guru dalam pengaturan waktu dan jadwal pembelajaran, pembukaan pelajaran dan penyampaian tujuan pembelajaran, keteladanan yang dicontohkan oleh guru, penguatan melalui sistem reward dan punishment, pengelolaan kelas yang efektif. Strategi-strategi tersebut terbukti mampu menciptakan suasana belajar yang lebih kondusif dan mendorong siswa untuk bersikap lebih disiplin. Namun demikian, guru juga menghadapi beberapa kendala dalam membangun kedisiplinan siswa, yaitu kurangnya dukungan orang tua, kurangnya pemahaman siswa, kurangnya konsentrasi siswa dalam belajar, kurangnya kesadaran siswa akan pentingnya kedisiplinan. Meskipun menghadapi kendala tersebut, penerapan strategi yang dilakukan secara konsisten oleh guru mampu membawa perubahan positif terhadap sikap dan perilaku disiplin siswa selama proses pembelajaran berlangsung.
Kata kunci: Strategi guru, Kedisiplinan siswa, Pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Asna Aprillina IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 07:56 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 07:56 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11598 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |