Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Public Relations dalam Meningkatkan Brand Image di Bening’s Clinic Cabang Bandar Lampung

Jiwandini, Nabila Syam (2025) Strategi Public Relations dalam Meningkatkan Brand Image di Bening’s Clinic Cabang Bandar Lampung. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[thumbnail of Nabila Syam Jiwandini_2103012022_ESY_2025.pdf] PDF
Nabila Syam Jiwandini_2103012022_ESY_2025.pdf

Download (1MB)

Abstract

Brand image merupakan persepsi konsumen terhadap suatu merek yang terbentuk melalui pengalaman, informasi, serta interaksi dengan perusahaan. Dalam era persaingan bisnis yang ketat, terutama di industri klinik kecantikan, strategi public relations menjadi salah satu alat komunikasi pemasaran yang penting untuk membentuk dan memperkuat citra merek di benak konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi public relations bening’s clinic dalam meningkatkan brand image.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dengan pihak public relations bening’s clinic dan konsumen serta observasi lapangan dan dokumentasi. Pada penelitian ini pemeriksaan dan pengecekan keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa bening’s clinic menerapkan lima strategi utama public relations, yaitu media relations, community relations, corporate social responsibility (CSR), crisis management, dan digital public relations / social media strategy. Strategi-strategi ini dinilai telah membantu membangun brand image bening’s clinic sebagai klinik kecantikan yang profesional, aman, dan peduli terhadap kebutuhan masyarakat. Meskipun demikian, masih terdapat beberapa aspek yang dapat ditingkatkan, seperti dokumentasi standar krisis dan intensitas komunikasi di media massa untuk memperkuat brand image di kalangan masyarakat yang lebih luas.

Kata kunci: Strategi Public Relations, Brand Image, Bening’s Clinic

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ristiani Ristiani IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 11 Aug 2025 07:57
Last Modified: 11 Aug 2025 07:57
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11603

Actions (login required)

View Item View Item