Setiawati, Tri Anggun (2025) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Bisnis dalam Meningkatkan Pendapatan (Studi di Angkringan Kalasan Bandar Jaya). Undergraduate thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
TRI ANGGUN SETIAWATI_2003010067_ESY_2025.pdf Download (4MB) |
Abstract
Bisnis angkringan telah menjadi fenomena yang menarik di berbagai kota di Indonesia. Kawasan Kalasan, yang terletak di Kelurahan Bandar Jaya Barat, tidak luput dari pesona bisnis angkringan. Angkringan telah menjadi salah satu pilihan favorit bagi warga setempat. Angkringan menjadi pilihan yang cukup populer di kalangan berbagai kelompok usia, mulai dari pelajar, mahasiswa, hingga pekerja kantoran. Pada perkembangannya, usaha angkringan di Kalasan Bandar Jaya tidak selalu menunjukkan pertumbuhan pendapatan yang stabil. Fluktuasi pendapatan menjadi salah satu fenomena yang kerap dihadapi oleh pelaku usaha ini. Hal ini tentu menunjukkan bahwa ada faktor-faktor tertentu yang memengaruhi kestabilan penghasilan dari setiap usaha tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan bisnis dalam meningkatkan pendapatan usaha angkringan di Kalasan Bandar Jaya Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan sifat penelitiannya bersifat deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Data hasil temuan digambarkan secara deskriptif dan dianalisis menggunakan cara berpikir induktif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perkembangan bisnis angkringan di Kalasan Bandar Jaya dipengaruhi oleh beberapa faktor yang berkontribusi terhadap peningkatan pendapatan usaha, seperti: faktor modal manusia (human capital), inovasi, modal, pengalaman kerja, kualitas produk, kepuasan pelanggan, perubahan pasar, dan faktor keadaan alam. Faktor modal manusia (human capital) yang berperan aktif dalam operasional usaha, faktor inovasi yang mendorong daya tarik dan keberlangsungan bisnis, serta ketersediaan modal yang memungkinkan peningkatan kualitas produk dan fasilitas. Selain itu, faktor pengalaman kerja pemilik usaha turut membentuk strategi bisnis yang efektif, sementara itu factor kualitas produk dan faktor kepuasan pelanggan menjadi kunci utama dalam mempertahankan loyalitas konsumen. Para pelaku usaha juga mampu beradaptasi terhadap faktor perubahan pasar, termasuk dalam menghadapi persaingan dan tren konsumen yang berubah, serta memperhitungkan pengaruh faktor keadaan alam dalam mengelola risiko usaha.
Kata Kunci: Faktor-Faktor, Perkembangan Bisnis, Peningkatan Pendapatan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ristiani Ristiani IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 07:55 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 07:55 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11612 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |