Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Kesadaran Merek dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Produk MS Glow di Kota Metro

Rosidah, Rosidah (2025) Pengaruh Kesadaran Merek dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Produk MS Glow di Kota Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[thumbnail of ROSIDAH_2103010064_ESY_2025.pdf] PDF
ROSIDAH_2103010064_ESY_2025.pdf

Download (5MB)

Abstract

MS Glow merupakan produk skincare yang menggunakan bahan-bahan alami dan ringan serta aman diberbagai jenis kulit. Produk ini cocok dan bagus untuk remaja hingga wanita dewasa yang dapat menunjang penampilan yang lebih cantik natural dan mempesona. Berdasarkan hal tersebut, untuk menjelaskan MS Glow memiliki reputasi yang baik di masyarakat terhadap produk dengan cara melakukan pembelian antar jenis produk terkait loyalitas pelanggan MS Glow di Kota Metro, telah dilakukan survei awal yang disebarkan secara daring kepada 100 konsumen produk MS Glow di Kota Metro.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuatitatif karena mengumpulkan data dalam bentuk numerik, data diambil dari data primer kuantitatif kemudian dikuantifikasi dan dianalisis untuk menguji hipotesis yang diajukan. Dalam penelitian kuatitatif adalah upaya mencari dan menemukan hasil dari data yang berupa angka yang dianalisis sehingga dapat diketahui hasil pengaruh antar variabel.

Dari pengujian hipotesis Uji Parsial (t-test) dapat diuraikan bahwa H1=pengaruh kesadaran merek tidak terdapat pengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Berdasarkan hasil perhitungan thitung < ttabel yaitu sebesar 0,834 < nilai t table yaitu 1,984 dan nilai signifikansi yaitu 0,406 > 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel pengaruh kesadaran merek tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan . Dari pengujian hipotesis Uji Parsial (t-test) dapat diuraikan bahwa H2= Kepuasan Pelanggan terdapat pengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan. Berdasarkan hasil perhitungan thitung > ttabel yaitu sebesar 9,289 > nilai t tabel yaitu 1,984 dan nilai signifikansi yaitu 0,000<0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel kepuasan pelanggan (X2) berpengaruh dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan (Y). Dalam penelitian ini berdasarkan hasil Uji F (Simultan) variabel bebas Pengaruh Kesadaran Merek (X1), dan Kepuasan Pelanggan (X2) secara simultan atau bersama-sama terhadap Loyalitas Pelanggan (Y) didapatkan nilai Fhitung sebesar 101,729 > nilai ftabel yaitu 3,090 dan nilai signifikasi yaitu 0.000<0,05, dapat disimpulkan variabel Pengaruh Kesadaran Merek (X1) dan Kepuasan Pelanggan (X2) berpengaruh secara signifikan dan bersama-sama terhadap Loyalitas Pelanggan (Y). variabel Pengaruh Kesadaran Merek (X1) dan Kepuasan Pelanggan (X2) didapatkan nilai R 2 Sebesar 0,677 dan akan diubah menjadi presentase yaitu sebesr 67,7% terhadap Loyalitas Pelanggan. Sedangkan sisanya 32,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti di dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Kesadaran Merek, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ristiani Ristiani IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 11 Aug 2025 07:55
Last Modified: 11 Aug 2025 07:55
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11613

Actions (login required)

View Item View Item