Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Sekampung

Kurniasih, Febry (2025) Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Sekampung. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[thumbnail of Febry Kurniasih_2101070006_TIPS_2025.pdf] PDF
Febry Kurniasih_2101070006_TIPS_2025.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan pada metode pembelajaran Mind Mapping terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sekampung tahun pelajaran 2025/2026 yang berjumlah 204 orang. Sampel penelitian ini menggunakan 2 kelas, VII.2 sebagai kelas eksperimen dan VII.6 sebagai kelas kontrol masing-masing berjumlah 34 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan SPSS 25 dan excel untuk melihat peningkatan data hasil kemampuan pemahaman konsep dengan menggunakan test.

Berdasarkan hasil penelitian uji independent sample test diperoleh nilai sig. (2- tailed) sebesar 0,000<0,05 yang diartikan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak. Nilai t- hitung sebesar 4,607 > dari t-tabel 1,997. Sedangkan nilai rata-rata perbedaan tes kemampuan pemahaman konsep siswa antara pretest dan posttest di kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran Mind Mapping,dan nilai untuk uji N-Gain di kelas eksperimen diperoleh nilai sebesar 37,33 yang dikategorikan sedang. Dengan demikian, pada penelitian ini terdapat pengaruh metode pembelajaran Mind Mapping terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 sekampung tahun pelajaran 2025/2026.

Kata kunci : Mind Mapping, kemampuan pemahaman konsep, pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 11 Aug 2025 07:55
Last Modified: 11 Aug 2025 07:55
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11614

Actions (login required)

View Item View Item