Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Model Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I SD Al Quran Metro

Nur ‘Afifah, Lisyana (2025) Pengaruh Model Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I SD Al Quran Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[thumbnail of LISYANA NUR 'AFIFAH_2101030018_PGMI_2025.pdf] PDF
LISYANA NUR 'AFIFAH_2101030018_PGMI_2025.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan yang terjadi di SD Al Quran Metro khususnya kelas I. Berdasarkan permasalahan dari hasil belajar siswa yang relatif rendah. Hal ini ditunjukkan adanya siswa yang merasa bosan saat proses pembelajaran dan pembelajaran yang masih cenderung berpusat pada guru. Selain itu, pada saat pembelajaran berlangsung kondisi kelas kurang kondusif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make a Mtach terhadap kemampuan membaca permulaan kelas I SD Al Quran Metro.

Jenis penelitian ini adalah Pre-Eksperimental dengan desain One Goup Pretest-Postest. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I SD Al Quran Metro. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan sampel berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes (pretest dan postest) kemudian di uji analisis menggunakan uji normalitas hasil data berdistribusi normal maka menggunakan uji-t paired.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan perolehan perhitungan dengan menggunakan uji-t paired dengan nilai sig. (2- tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak, H1 diterima yang artinya terdapat perbedaan nilai antara hasil pretest dan postest sehingga dapat dikatakan ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Make a Match terhadap kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas I SD Al Quran Metro, sehingga model pembelajaran ini dapat digunakan pada proses pembelajaran yang sesuai.

Kata kunci: Make a Match, kemampuan membaca permulaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 11 Aug 2025 07:51
Last Modified: 11 Aug 2025 07:51
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11618

Actions (login required)

View Item View Item