Maulida, Alvina Ma’unatul (2025) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SD Al Qur’an Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
Alvina Maulida_2101030002_PGMI_2025.pdf - Other Download (8MB) |
Abstract
Rendahnya hasil belajar dapat disebabkan oleh beberapa masalah yang sering muncul dari kegiatan pembelajaran di kelas. Rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran IPAS di tandai dengan tidak tuntasnya nilai ulangan harian dibawah KKTP yaitu 70% atau dari 22 siswa yang belum tuntas. Hal ini disebabkan oleh model pembelajaran yang berpusat pada guru sehingga siswa menjadi pasif, kurang termotivasi, dan mengalami kesulitan dalam memahami materi, sehingga hasil belajar tidak mencapai kriteria ketuntasan tujuan pembelajaran (KKTP) sebesar >70.
Berdasarkan latar belakang masalah maka dalam penelitian ini dapat dirumuskan masalahnya yaitu “Apakah Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas IV SD Al Qur’an Metro tahun pelajaran 2024/2025”. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam dan sosial (IPAS) siswa kelas IV SD Al Qur’an Metro. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus dengan 6 kali pertemuan setiap siklus memiliki tahapan yaitu perencanaan, Tindakan, pelaksanaan Tindakan, observasi dan refleksi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif sederhana dan analisis kualitatif deskriptif. Alat pengumpul data pada penelitian ini menggunakan soal pretes dan postes, lembar observasi siswa, lembar observasi guru, dan dokumentasi.
Hasil penelitian Tindakan kelas yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat pada setiap siklus. Pada pra siklus nilai hasil ketuntasan belajar siswa yaitu 18,52% siswa tuntas dan 81,48% siswa yang belum tuntas. Setelah dilakukan Tindakan siklus I nilai hasil ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 33% siswa yang tuntas dan 67% siswa yang belum tuntas. Kemudian pada siklus II hasil ketuntasan belajar siswa meningkat 89% siswa yang tuntas dan 11% siswa yang belum tuntas.
Kata kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar, IPAS, Siswa Kelas IV SD
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Asna Aprillina IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 07:52 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 07:52 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11620 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |