Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Small Group Discussion (SGD) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di MAN 1 Lampung Timur

Lestari, Bela Puji (2025) Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Small Group Discussion (SGD) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di MAN 1 Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[thumbnail of Bela Puji Lestari_2101010017_PAI_2025.pdf] PDF
Bela Puji Lestari_2101010017_PAI_2025.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Hasil belajar merupakan aspek penting dalam proses pendidikan. dalam penelitian ini Hasil belajar siswa mencakup perubahan perilaku siswa dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik yang diperoleh setelah melalui proses pembelajaran. Dalam meningkatkan hasil belajar salah satunya dapat menggunakan strategi pembelajaran, strategi pembelajaran yang dapat digunakan ialah strategi pembelajaran Small Group Discussion (SGD). SGD adalah strategi pembelajaran yang melibatkan siswa dalam diskusi kelompok kecil untuk memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat Pengaru h Strategi Small Group Discussion (SGD) Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajara n Fiqi h di MA N 1 Lampung Timur?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaru h penerapan strategi pembelajara n small group discussio n (SGD) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajara n Fiqi h di MA N 1 Lampung Timur.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis ex post facto, yang bersifat korelasi. sampel diambil dari siswa kelas XI MAN 1 Lampung Timur yang dipilih menggunakan teknik random sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan tes hasil belajar, kemudian dianalisis menggunakan analisis korelasi Pearson.

Berdasarkan hasil penelitian, penelitian ini menemukan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara strategi SGD dan hasil belajar siswa. Nilai korelasi sebesar 0,468 dan nilai signifikan 0,001 karena nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 maka menunjukan pengaruh yang signifikan. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh variable Small Group Discussion( SGD) Terhadap hasil belajar. Sehingga dalam penelitian ini hipotesis alternatif (Ha) diterima dan (Ho) ditolak.

Kata kunci: Small Group Discussion (SGD), Hasil Belajar, Fiqih.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 11 Aug 2025 07:49
Last Modified: 11 Aug 2025 07:49
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11632

Actions (login required)

View Item View Item