Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Penggunaan Media Sosial Tiktok Konten Islami Terhadap Perilaku Keagamaan Mahasiswa Pendidikan Agama Islam IAIN Metro

Sandry, Iga Fasyahanaya (2025) Pengaruh Penggunaan Media Sosial Tiktok Konten Islami Terhadap Perilaku Keagamaan Mahasiswa Pendidikan Agama Islam IAIN Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[thumbnail of Iga Fasyahanaya Sandry 2101010040_PAI_2025.pdf] PDF
Iga Fasyahanaya Sandry 2101010040_PAI_2025.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi, khususnya media sosial seperti TikTok, memengaruhi perilaku keagamaan mahasiswa PAI IAIN Metro. TikTok menyajikan konten Islami yang dapat mengedukasi, namun juga berisiko menurunkan kualitas ibadah jika disalahgunakan. Hasil pra-survei menunjukkan 80% mahasiswa aktif menggunakan TikTok, dengan dampak positif dan negatif. Etika digital penting ditegakkan agar media sosial menjadi sarana dakwah yang efektif tanpa mengabaikan nilai-nilai Islam dan tanggung jawab sosial. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh penggunaan media sosial tiktok konten islami terhadap perilaku keagamaan mahasiswa pendidikan agama islam iain metro?. tujuan dalam pelaksanaan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh penggunaan media sosial TikTok konten Islami terhadap perilaku keagamaan mahasiswa Pendidikan Agama Islam IAIN Metro.

Penelitian kuantitatif asosiatif ini mengukur pengaruh penggunaan TikTok konten Islami (X) terhadap perilaku keagamaan (Y) mahasiswa PAI IAIN Metro. Sampel: 44 mahasiswa (purposive sampling). Data dikumpulkan via kuesioner tertutup (skala Likert) dan dokumentasi. Instrumen valid (30 item) dan reliabel (Alpha >0.6). Analisis menggunakan korelasi Pearson untuk uji pengaruh sebab- akibat. Variabel Y difokuskan pada dimensi praktik agama (shalat, puasa, baca Quran, dll.).

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh media sosial TikTok konten Islami terhadap perilaku keagamaan mahasiswa Pendidikan Agama Islam IAIN Metro. Dengan dibuktikan dari hasil analisis penelitian yang memperoleh nilai sig (2 tailed) 0,002 < 0,05, maka terdapat pengaruh antara variabel x dan y, maka hasil tersebut menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya ada pengaruh media sosial TikTok konten Islami terhadap perilaku keagamaan mahasiswa Pendidikan Agama Islam IAIN Metro, dengan tingkat korelasi sebesar 0,760 dan pengaruh yang positif. Tingkat korelasi variabel x terhadap y dalam penelitian ini adalah kuat dengan tingkat pengaruh sebesar 57,76%. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa semakin mahasiswa dapat menggunakan media sosial TikTok konten Islami dengan baik, maka perilaku keagamaan yang dimiliki oleh mahasiswa akan meningkat.

Kata kunci: Media Sosial TikTok Konten Islami, Perilaku Keagamaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 12 Aug 2025 01:35
Last Modified: 12 Aug 2025 01:35
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11637

Actions (login required)

View Item View Item