Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran IPAS Dengan Menggunakan Metode Eksperimen Kelas IV Sekolah Dasar

Happyliya, Irma (2025) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran IPAS Dengan Menggunakan Metode Eksperimen Kelas IV Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[thumbnail of IRMA HAPPYLIYA_2101031013_PGMI_2025.pdf] PDF
IRMA HAPPYLIYA_2101031013_PGMI_2025.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) melalui penerapan metode eksperimen di kelas IV Sekolah Dasar. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh kurangnya variasi dalam metode pembelajaran yang digunakan guru. Metode eksperimen dipilih karena memberikan pengalaman belajar yang konkret dan memungkinkan siswa untuk terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan dan terdiri empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 1 Bumiraharjo Kecamatan Bumiratu Nuban Lampung Tengah dengan jumlah 21 siswa. Instrumen pengumpulan data meliputi lembar observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar siswa setelah diterapkannya metode eksperimen. hasil belajar IPAS yang diperoleh dari posttest siklus I diperoleh ketuntasan 33,3% dari 21 siswa, sebanyak 7 siswa telah mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP), sedangkan hasil posttest siklus II ketuntasan yang diperoleh adalah 100% dari 21 siswa, sebanyak 21 siswa telah mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP). Hal ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan presentase dari siklus I dengan siklus II yaitu 66,7%.

Kata kunci: Hasil Belajar, Metode Eksperimen, IPAS, Sekolah Dasar, Kelas IV

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 12 Aug 2025 01:58
Last Modified: 12 Aug 2025 01:58
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11640

Actions (login required)

View Item View Item