Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X di SMA Negeri 5 Metro

Musyafa, Wildayah (2025) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X di SMA Negeri 5 Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[thumbnail of Wildayah Musyafa_2101011101_PAI_2025.pdf] PDF
Wildayah Musyafa_2101011101_PAI_2025.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Penelitian mengenai peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan minat belajar bertujuan untuk mengetahui bagaimana guru PAI dalam meningkatkan minat, dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran agama Islam di SMA Negeri 5 Metro. Latar belakang penelitian ini dilandasi oleh adanya masalah ketika proses pembelajaran masih banyak siswa yang tidak fokus dalam pembelajaran, mengantuk, tidur, mengobrol dengan teman, bermain handpone, dan keluar kelas ketika pembelajaran PAI. Oleh karena itu, diperlukan peran guru yang tidak hanya berfungsi sebagai penyampai materi, tetapi juga sebagai fasilitator, motivator, dan evaluator untuk membangkitkan minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat belajar siswa di SMA N 5 Metro.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam kelas X di SMA Negeri 5 Metro. Sumber data sekunder pada penelitian ini adalah siswa dengan jumlah sampel 6 orang siswa. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI menjalankan peran dalam meningkatkan minat belajar siswa melalui beberapa pendekatan, yang pertama; menggunakan platform pembelajaran yang berbeda, baik di dalam kelas maupun dalam kegiatan keagamaan seperti kultum usai salat berjamaah, kedua; mengaitkan motivasi langsung dengan materi pelajaran, ketiga, menerapkan metode evaluasi yang beragam seperti evaluasi tertulis, praktik, dan digital, serta memberikan umpan balik secara objektif sebagai bentuk dorongan perbaikan dan motivasi belajar. Keempat strategi ini efektif dalam membangun suasana belajar yang bermakna, menumbuhkan minat belajar siswa, serta memperkuat pemahaman nilai-nilai keislaman dalam kehidupan mereka.

Kata Kunci: Peran Guru, Pendidikan Agama Islam, Minat Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 12 Aug 2025 01:58
Last Modified: 12 Aug 2025 01:58
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11643

Actions (login required)

View Item View Item