Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Hasil Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak Terhadap Akhlak Siswa Kelas VIII MTs Daarul Ulya Kota Metro

Fitriyani, Ajeng (2025) Pengaruh Hasil Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak Terhadap Akhlak Siswa Kelas VIII MTs Daarul Ulya Kota Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[thumbnail of AJENG FITRIYANI_2101010007_PAI_2025.pdf] PDF
AJENG FITRIYANI_2101010007_PAI_2025.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Hasil belajar merupakan suatu pencapaian yang akan diperoleh oleh siswa setelah mereka mengikuti proses pembelajaran. Sedangkan akhlak adalah perilaku atau kebiasaan yang dapat memunculkan perilaku secara spontan, baik perilaku terpuji maupun tercela. Hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak yang diperoleh akan menjadi tolak ukur bagi para guru dalam melihat keberhasilan siswa dalam mempelajari dan memahami materi yang telah disampaikan oleh guru.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak terhadap akhlak siswa kelas VIII MTs Daarul Ulya Kota Metro? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak terhadap akhlak siswa kelas VIII MTs Daarul Ulya Kota Metro. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 31 siswa dan yang menjadi sampel adalah seluruh populasi yaitu 31 responden.

Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data kuesioner (angket) dan dokumentasi. Kuesioner ini ditujukan kepada siswa untuk memperoleh data tentang akhlak siswa, sedangkan dokumentasi ditujukan untuk mendapatkan informasi mengenai hasil belajar siswa yaitu berupa hasil UTS siswa kelas VIII. Selain itu, dokumentasi juga digunakan untuk mencari data mengenai profil sekolah, sejarah sekolah, visi dan misi serta tujuan, serta sarana dan prasarana yang ada di sekolah.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak terhadap akhlak siswa kelas VIII MTs Daarul Ulya Kota Metro. Hasil ini terbukti dari hasil analisis data menggunakan korelasi pearson product moment yang memperoleh r hitung nilainya lebih besar dari r tabel pada taraf signifikansi 5% yaitu 0,594>0,367. Sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima dan Ho ditolak. Kemudian tingkat koefisien korelasi hubungan keduanya yaitu nilai r sebesar 0,594 yang terletak pada interval koefisien 0,40 – 0,599, artinya pengaruh antara variabel x dengan variabel y tergolong cukup kuat.
Selanjutnya, dari hasil perhitungan koefisiensi determinasi, bahwa hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak memiliki kontribusi atau pengaruh sebesar 35% terhadap akhlak siswa. Kemudian 65% dipengaruhi oleh faktor yang lainnya.

Kata kunci: Hasil Belajar, Akhlak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 12 Aug 2025 04:19
Last Modified: 12 Aug 2025 04:19
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11648

Actions (login required)

View Item View Item