Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Etika Promosi Bisnis dalam Transaksi Online di Aplikasi Tiktok

Rahmanda, Firza (2025) Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Etika Promosi Bisnis dalam Transaksi Online di Aplikasi Tiktok. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[thumbnail of Firza Rahmanda_2102022001_HESY_2025.pdf] PDF
Firza Rahmanda_2102022001_HESY_2025.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah mengubah paradigma perdagangan konvensional menuju era e-commerce yang memerlukan kepatuhan terhadap prinsip-prinsip syariah. Penelitian ini menganalisis kesenjangan antara idealitas hukum ekonomi syariah dengan praktik promosi bisnis di aplikasi TikTok Shop yang menunjukkan fenomena ketidaktransparanan harga dan klaim hiperbolis, seperti "serba Rp2.000" dan "cuci gudang." Praktik itu berpotensi melanggar prinsip shiddiq, 'adl, dan transparansi dalam akad salam sebagaimana diatur dalam Fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia Nomor: 05/DSN-MUI/IV/2000 tentang Jual Beli Salam dan Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah. Tujuan penelitian tersebut berupa mengidentifikasi praktik promosi bisnis dalam transaksi online di TikTok Shop dan menganalisisnya dari perspektif hukum ekonomi syariah.

Penelitian ini berjenis lapangan yang bersifat deskriptif-analitis. Sumber data primer diperoleh melalui purposive sampling terhadap 6 akun penjual TikTok Shop yang terlibat dalam praktik promosi bermasalah, sedangkan data sekunder bersumber dari literatur fikih muamalah dan etika bisnis Islam serta jurnal ilmiah. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara semi-terstruktur dan dokumentasi berupa screenshot transaksi serta rekaman live streaming. Analisis data menggunakan teknik induktif yang dimulai dari pengamatan praktik spesifik menuju formulasi kesimpulan generalis dengan evaluasi menggunakan perspektif hukum ekonomi syariah.

Hasil penelitian menunjukkan, bahwa praktik promosi di TikTok Shop mengandung kompleksitas antara memberikan nilai tambah konsumen dengan menjaga transparansi. Sebagian besar praktik promosi melanggar prinsip akad salam dan etika bisnis Islam, khususnya dalam aspek shiddiq dan 'adl, dengan adanya diskrepansi harga universal yang menimbulkan gharar sistemik. Penelitian merekomendasikan pengembangan sistem verifikasi promosi transparan, regulasi khusus berbasis prinsip syariah, dan peningkatan literasi hukum ekonomi syariah bagi pelaku usaha untuk menciptakan ekosistem perdagangan digital yang etis dan selaras dengan nilai-nilai Islam.

Kata Kunci: Etika Promosi Bisnis, Transaksi Online, Hukum Ekonomi Syariah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Hukum Ekonomi Syariah
Hukum
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Ristiani Ristiani IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 12 Aug 2025 04:19
Last Modified: 12 Aug 2025 04:19
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11651

Actions (login required)

View Item View Item