Salsabila, Kharisma Laras (2025) Penerapan Model Project Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar SBDP Pada Peserta Didik Kelas IV MIN 3 Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
Kharisma Laras Salsabila_2101030016_PGMI_2025.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) di kelas IV MIN 3 Lampung Timur, yang dapat ditunjukkan bahwa data awal bahwa peserta didik memperoleh nilai dibawah Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) yaitu sebesar 52%. Hal tersebut bisa terjadi karena adanya faktor yang menjadi penghambat yakni kurangnya keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran secara maksimal dan masih digunakannya model pembelajaran yang konvensional. Oleh sebab itu, dalam penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah dengan diterapkannya model Project Based Learning ini dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Metode dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc Taggart yang meliputi empat tahapan dalam setiap siklus, yaitu : Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan Refleksi. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus masing-masing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan, subjek dari penelitian ini yaitu sebanyak 32 peserta didik kelas IV MIN 3 Lampung Timur, adapun teknik dalam pengumpulan data ini yaitu observasi, tes ( Pretest dan Posttest), dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang begitu signifikan terhadap hasil belajar pada peserta didik dalam penerapan model Project Based Learning (PjBL). Pada kondisi awal, hanya 48% peserta didik yang mencapai nilai tuntas. Pada siklus pertama, persentase peserta didik mencapai KKTP meningkat dari 13% menjadi 38%, dan pada siklus kedua mengalami peningkatan kembali dari 38% menjadi 81% dengan kenaikan persentase hasil belajar peserta didik menggunakan model Project Based Learning dari siklus I hingga siklus II yaitu mengalami peningkatan sebesar 43%. Selain peningkatan dari segi nilai, terlihat juga peningkatan pada aspek keaktifan,kerjasama, dan antusias peserta didik dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci : Project Based Learning, Penelitian Tindakan Kelas, Hasil Belajar, Pembelajaran Aktif
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Asna Aprillina IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 04:20 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 04:20 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11654 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |