Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbantuan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Way Jepara

Sujarwo, Insania Adillia (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbantuan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Way Jepara. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[thumbnail of Insania Adillia Sujarwo_2101071012_TIPS_2025.pdf] PDF
Insania Adillia Sujarwo_2101071012_TIPS_2025.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Way Jepara menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Numbered Head Together (NHT). Penelitian menggunakan desain eksperimen dengan dua kelas, yaitu kelas eksperimen (VII 4) yang diterapkan model CTL berbantuan media digital berupa video animasi, dan kelas kontrol (VII 5) yang menggunakan model NHT. Model CTL didasarkan pada teori konstruktivisme yang menempatkan siswa sebagai pusat pembelajaran melalui pengalaman langsung dan interaksi sosial. Data hasil belajar dianalisis menggunakan nilai N-Gain dan uji-t independen.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen memperoleh nilai N-Gain sebesar 49,65% (kategori sedang) dengan peningkatan nilai rata-rata sebesar 47,37%, sedangkan kelas kontrol memperoleh N-Gain sebesar 36,07% dengan peningkatan nilai rata-rata 44,17%. Uji-t independen menunjukkan perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kedua kelas (sig. 0,012 < 0,05). Kesimpulannya, model pembelajaran CTL berbantuan media digital lebih efektif meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan model NHT pada mata pelajaran IPS. Disarankan guru menggunakan model CTL dengan media digital sebagai strategi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas dan hasil belajar siswa. Dengan hipotesis Ha: bahwa ada Pengaruh model pembelajaran CTL berbantuan vidio animasiterhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Way Jepara

Kata Kunci : Model Pembelajaran,Contextual Teaching And Learning, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 12 Aug 2025 04:14
Last Modified: 12 Aug 2025 04:14
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11658

Actions (login required)

View Item View Item