Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Oleh Guru Al Islam di SMA Muhammadiyah Braja Selebah

Wulandari, Tria Adisty (2025) Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Oleh Guru Al Islam di SMA Muhammadiyah Braja Selebah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[thumbnail of TRIA ADISTY WULANDARI_2101010075_PAI_2025.pdf] PDF
TRIA ADISTY WULANDARI_2101010075_PAI_2025.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Perkembangan pendidikan Indonesia mengalami transformasi dengan Kurikulum Merdeka Belajar yang menekankan pendekatan fleksibel dan berpusat pada siswa. Guru Al-Islam dituntut mengintegrasikan nilai agama dengan metode inovatif berbasis proyek dan teknologi, meski menghadapi tantangan seperti keterbatasan sarana, kesiapan guru meninggalkan metode konvensional, dan kesulitan siswa memahami materi kontekstual. Di SMA Muhammadiyah Braja Selebah, implementasi kurikulum ini belum optimal akibat keterbatasan dana dan fasilitas teknologi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan studi kasus, mengumpulkan data melalui wawancara terstruktur (guru Al-Islam dan Waka Kurikulum), observasi non-partisipatif, dan dokumentasi. Keabsahan data diuji melalui triangulasi sumber, sementara analisis data dilakukan secara induktif melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan guru Al-Islam menggunakan pertanyaan pemantik untuk merangsang pemikiran kritis, menyesuaikan materi dengan konteks sosial (misal: integrasi akhlak dan etika bermedia sosial), serta menerapkan pendekatan tematik- kontekstual yang mengaitkan nilai Islam dengan isu aktual. Guru berperan sebagai fasilitator pengembangan potensi siswa melalui diskusi, projek, dan kegiatan keagamaan, menciptakan lingkungan belajar student-centered. Projek P5 (seperti bakti sosial dan kegiatan Ramadhan) memperkuat Profil Pelajar Pancasila, sementara guru berfungsi sebagai motivator dan teladan dengan pendekatan holistik.Kesimpulannya, implementasi Kurikulum Merdeka oleh guru Al-Islam berhasil mengintegrasikan nilai keislaman dan kebangsaan secara kontekstual. Untuk pengembangan, disarankan: (1) peningkatan pelatihan guru dan penyediaan perangkat ajar, (2) penguatan kolaborasi guru-siswa-orang tua, dan (3) pengembangan pendekatan tematik-projek berbasis karakter guna membentuk generasi beriman, berkarakter, dan berwawasan kebangsaan.

Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, Al Islam, Implementasi, Karakter Siswa, Pembelajaran Kontekstual

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 12 Aug 2025 04:15
Last Modified: 12 Aug 2025 04:15
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11662

Actions (login required)

View Item View Item