Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Pembelajaran Kitab Ta’lim Muta’alim dalam Menanamkan Adab Santri di Pondok Pesantren Nurul Anwar Metro Timur

Hidayah, Nur (2025) Implementasi Pembelajaran Kitab Ta’lim Muta’alim dalam Menanamkan Adab Santri di Pondok Pesantren Nurul Anwar Metro Timur. Undergraduate thesis, UIN JURAI SIWO LAMPUNG.

[thumbnail of Nur Hidayah _ 2101011069_PAI_2025.pdf] PDF
Nur Hidayah _ 2101011069_PAI_2025.pdf - Other

Download (9MB)

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini di latar belakangi oleh fenomena menurunnya adab atau sopan santun yang menjadi perhatian penting dalam dunia Pendidikan. Di lingkungan pesantren, Khususnya Pondok Pesantren Nurul Anwar Metro Timur menjadikan kitab Ta‟lim Muta‟allim sebagai salah satu bahan ajar utama atau pedoman untuk menanamkan nilai-nilai adab kepada para santri. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi pembelajaran kitab ta‟lim muta‟alim dalam menanamkan adab santri di Pondok Pesantren Nurul Anwar Metro Timur?.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pembelajaran kitab ta‟lim muta‟alim dalam menanamkan adab santri di Pondok Pesantren Nurul Anwar Metro Timur. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif lapangan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi yang diperoleh dari Pondok Pesantren Nurul Anwar Metro Timur.

Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi pembelajaran kitab ta‟lim muta‟alim dilakukan secara terstruktur melalui metode ceramah, tanya jawab dan keteladanan pengajar. Penerapan isi kandungan kitab Ta‟lim Muta‟alim sudah diamalkan oleh santri yaitu santri menghormati guru ketika di kelas dan diluar kelas, . ada beberapa faktor yang mendukung implementasi pembelajaran kitab Ta‟lim Muta‟alim dalam menanamkan adab santri di Pondok Pesantren Nurul Anwar yaitu strategi yang diterapkan melalui pembiasaan, keteladanan, nasihat dan pembinaan dari para pengurus, pengasuh pondok pesantren dan ustadzah. Serta ada beberapa faktor yang menghambat yaitu tingkat pemahaman santri yang berbeda, perbedaan latar belakang keluarga, pengaruh gadget dan media sosial.

Kata kunci : Ta‟lim mutaa‟alim, adab santri, pembelajaran kitab.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 12 Aug 2025 04:18
Last Modified: 12 Aug 2025 04:18
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11664

Actions (login required)

View Item View Item