Muchsin, A.Shifa Zalianty (2025) Strategi Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 3 Tanggulangin Kecamatan Punggur Kabupaten Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
A.Shifa Zalianty Muchsin_2101010001_PAI_2025.pdf - Other Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya strategi pengelolaan kelas dalam menciptakan lingkungan belajar yang efektif. Guru merupakan salah satu faktor kunci dalam proses pembelajaran, karena kemampuannya dalam mengelola kelas secara optimal dapat meningkatkan hasil belajar, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI).
Pertanyaan dalam penelitian ini yaitu Bagaimana Strategi Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 3 Tanggulangin Kecamatan Punggur Kabupaten Lampung Tengah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk Mengetahui Strategi Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 3 Tanggulangin Kecamatan Punggur Kabupaten Lampung Tengah.
Metodologi dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif lapangan, Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi, wawancara dilakukan kepada guru PAI, dan siswa kelas V. Observasi dilakukan untuk mengamati kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru PAI. Dokumentasi digunakan untuk mengetahui sejarah sekolah, visi-misi, keadaan guru, jumlah siswa, sarana prasarana sekolah.
Berdasarkan hasil penelitian, strategi pengelolaan kelas dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SD Negeri 3 Tanggulangin ditunjukkan melalui dua indikator utama, yaitu keterlibatan siswa dan ketersediaan fasilitas belajar. Kedua indikator tersebut memberikan dampak positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran menciptakan suasana kelas yang dinamis, sedangkan ketersediaan fasilitas yang memadai mendukung kelancaran kegiatan pembelajaran. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi Strategi pengelolaan kelas dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran PAI terdiri dari: faktor guru, faktor siswa, faktor keluarga, faktor sarana dan prasarana, faktor lingkungan sosial. Meskipun dalam pelaksanaannya guru menghadapi berbagai kendala, seperti masih adanya siswa yang sering mengobrol di kelas dan siswa yang terpengaruh oleh teman sehingga enggan untuk belajar, strategi pengelolaan kelas tetap dapat dijalankan dengan baik sesuai pendekatan yang diberikan oleh guru. Dan bisa dikatakan berhasil dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran PAI.
Kata Kunci : Pengelolaan Kelas, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Asna Aprillina IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 19 Aug 2025 00:52 |
Last Modified: | 19 Aug 2025 00:52 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11667 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |