Sari, Ayu Nurmala (2025) Efektivitas Media Video Pembelajaran dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak Siswa Kelas VII di MTs Satu Atap (SA) Tri Bhakti Al Husna Purbolinggo. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
Ayu Nurmala Sari_2101011016_PAI_2025.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Media pembelajaran adalah alat, bahan, atau teknologi yang digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi berupa materi pelajaran kepada siswa dengan tujuan untuk memfasilitasi proses pembelajaran dan membantu siswa memperoleh, memproses, dan menyimpan pengetahuan. Akidah akhlak adalah salah satu mata pelajaran yang penting bagi siswa karena siswa dapat mengetahui, menghayati dan meyakini yang benar terhadap hal-hal yang harus diimani, sehingga dalam bersikap dan bertingkah laku sehari-hari berdasarkan Al-Qur'an dan Hadist. Media pembelajaran yang digunakan dalam mata pelajaran akidah akhlak di MTs SA Tri Bhakti Al Husna yaitu media video. Media video merupakan salah satu jenis media audio visual. Media audio visual adalah media yang mengandalkan indera pendengaran dan indera penglihatan. Media video merupakan salah satu media yang dapat digunakan dalam pembelajaran. Media ini dapat menambah minat siswa dalam belajar karena siswa dapat melihat gambar sekaligus mendengar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Efektivitas Media Video Pembelajaran dalam mata Pelajaran Akidah Akhlak siswa kelas VII di MTs SA Tri Bhakti Al Husna Purbolinggo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dengan guru dan siswa, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang peneliti gunakan adalah Model Miles and Huberman yang prosesnya terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian yang peneliti lakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman materi dan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak. Media video dapat meningkatkan pemahaman materi siswa karena penyajian materi menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Media video juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut terlihat dari lembar hasil belajar siswa. Dari Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) yang ditentukan yaitu 75 dan terdapat 82% siswa sudah berada diatas KKTP.
Kata Kunci: Efektivitas Media Video, Pembelajaran Akidah Akhlak
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Asna Aprillina IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 19 Aug 2025 00:53 |
Last Modified: | 19 Aug 2025 00:53 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11670 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |