Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Metode Ceramah Terhadap Karakter Jujur dan Disiplin Peserta Didik Kelas III SDN 5 Metro Timur

Septiani, Intan Widiya (2025) Pengaruh Metode Ceramah Terhadap Karakter Jujur dan Disiplin Peserta Didik Kelas III SDN 5 Metro Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[thumbnail of Intan Widiya Septiani_2101011044_PAI_2025.pdf] PDF
Intan Widiya Septiani_2101011044_PAI_2025.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Karakter merupakan nilai perilaku manusia yang tercermin dalam hubungan dengan Tuhan, diri sendiri, sesama, lingkungan, dan bangsa, serta terwujud melalui pikiran, sikap, dan tindakan sesuai norma agama, hukum, dan budaya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode ceramah terhadap pembentukan karakter jujur dan disiplin peserta didik kelas III SDN 5 Metro Timur. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif deskriptif, dengan populasi sekaligus sampel sebanyak 49 siswa melalui teknik sampling jenuh. Variabel bebas adalah metode ceramah, sedangkan variabel terikat meliputi karakter jujur dan disiplin. Instrumen pengumpulan data berupa angket skala Likert yang telah diuji validitas (r-hitung > 0,281) dan reliabilitas (Cronbach‟s Alpha = 0,945). Analisis data dilakukan melalui uji asumsi klasik (normalitas dan homogenitas) serta uji hipotesis menggunakan MANOVA. Hasil menunjukkan bahwa metode ceramah tidak berpengaruh signifikan terhadap karakter jujur (p = 0,433) maupun disiplin (p = 0,363), dengan nilai F multivariat sebesar 1,096 (p = 0,389). Meskipun sebagian besar siswa berada pada kategori karakter sedang-tinggi, hasil ini tidak disebabkan oleh metode ceramah. Partial Eta Squared yang rendah (0,323 untuk jujur dan 0,341 untuk disiplin) mengindikasikan kontribusi yang minim. Kesimpulannya, metode ceramah tidak efektif sebagai pendekatan tunggal dalam pembentukan karakter. Disarankan penggunaan metode pembelajaran yang lebih interaktif seperti role-play dan project-based learning untuk meningkatkan internalisasi nilai karakter secara lebih holistik.

Kata Kunci: metode ceramah, karakter jujur, karakter disiplin, pendidikan karakter, siswa sekolah dasar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 19 Aug 2025 00:49
Last Modified: 19 Aug 2025 00:49
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11673

Actions (login required)

View Item View Item