Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa di SMP Plus Al-Huda Desa Surya Adi Kec. Mesuji Kab. Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan

Sasabila, Wahyu Khoirul (2025) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa di SMP Plus Al-Huda Desa Surya Adi Kec. Mesuji Kab. Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[thumbnail of Wahyu Khoirul Sasabila_2101011099_PAI_2025.pdf] PDF
Wahyu Khoirul Sasabila_2101011099_PAI_2025.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Interaksi sosial adalah terjalinnya hubungan antara individu dengan individu atau kelompok dengan kelompok, bisa juga disebut hubungan timbal balik, untuk meningkatkan interaksi sosial di sekolah guru patut menjadi teladan yang baik bagi siswanya, guru pendidikan agama islam tidak hanya memberikan materi pelajaran akan tetapi juga memberikan contoh secara langsung agar siswa mengikutinya terutama dalam berinteraksi sosial dengan baik. Sesuai dengan permasalah yang ada, maka pertanyaan penelitian adalah bagaimana Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa Kelas VIII di Sekolah SMP Plus Al-Huda Desa Surya Adi Kec. Mesuji Kab. Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan. Tujuan dari diadakannya penelitian ini untuk mengetahui peran guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan interaksi sosial siswa di sekolah. Interaksi yang dimaksud yaitu interaksi yang berbentuk asosiatif yang mengarah pada persatuan bukan interaksi yang berbentuk disosiatif atau perpecahan.

Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif yaitu pengumpulan data yang dilakukan di lapangan untuk memahami fenomena-fenomena yang ada. Sumber data primer pada penelitian ini ditujukan kepada guru pendidikan agama islam dan sumber data skunder ditujukan kepada waka bidang kesiswaan, dan siswa-siswa kelas VIII. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan mereduksi, menyajikan, dan verifikasi (kesimpulan).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa seorang Guru PAI memiliki peran yang signifikan dalam meningkatkan interaksi sosial siswa melalui perannya sebagai pengajar, mediator, inspirator, pengelola kelas, dan motivator dalam meningkatkan interaksi sosial. Dalam penelitian ini dapat dipahami bahwa peran guru pendidikan agama islam sangat penting dalam membentuk siswa tidak hanya baik secara spiritual namun juga aktif dalam berinteraksi sosial yang positif.

Kata Kunci: Interaksi Sosial, Peran Guru, PAI

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 19 Aug 2025 00:50
Last Modified: 19 Aug 2025 00:50
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11675

Actions (login required)

View Item View Item