Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penerapan Metode Pembelajaran Debat Aktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa MTs Negeri 2 Lampung Timur

Sufaat, Robby Ali (2025) Penerapan Metode Pembelajaran Debat Aktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa MTs Negeri 2 Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[thumbnail of Robby Ali Sufaat_2001070025_TIPS_2025.pdf] PDF
Robby Ali Sufaat_2001070025_TIPS_2025.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang rendah pada mata pelajaran IPS kelas IX MTs Negeri 2 Lampung Timur. Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh kurangnya pemahaman terhadap materi, kurangnya konsentrasi dalam pembelajaran, serta keterlibatan siswa dalam perilaku negatif di kelas, seperti mengobrol, mengganggu, dan bercanda. Selain itu, pembelajaran yang masih berpusat pada guru menyebabkan siswa menjadi pasif dan kurang berpartisipasi secara aktif dalam proses belajar. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti menerapkan metode pembelajaran Debat Aktif sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan metode Debat Aktif dalam meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa pada mata pelajaran IPS kelas IX MTs Negeri 2 Lampung Timur.

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini telah dilakukan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX MTs Negeri 2 Lampung Timur yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini yaitu lembar observasi dan tes hasil belajar siswa. Penelitian ini dinyatakan berhasil apabila sebanyak 75% siswa mencapai nilai ≥ 75.

Hasil penelitian ini menujukan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari Siklus I ke Siklus II. Hal ini dibuktikan dengan presentase ketuntasan hasil belajar siswa pada Siklus I yaitu 62,50% dan pada Siklus II yaitu 84,38%. Peningkatan hasil belajar dari Siklus I ke Siklus II sebesar 21,88% termasuk dalam kategori ―cukup signifikan‖. Peningkatan aktivitas siswa pada Siklus I 44,50 % atau 1,39 dan pada Siklus II 76,00 % atau 2,38. Presentase aktivitas guru pada Siklus I 68,00% dan pada Siklus II 87,00%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Debat Aktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas IX MTs Negeri 2 Lampung Timur.

Kata kunci: Metode Pembelajaran Debat Aktif, Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 19 Aug 2025 00:50
Last Modified: 19 Aug 2025 00:50
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11676

Actions (login required)

View Item View Item