Asih, Khasanah Cahya (2025) Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di SMP Negeri 2 Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
Khasanah Cahya Asih_2001071013_TIPS_2025.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Gerakan Literasi Sekolah memperkuat gerakan penumbuhan budi pekerti sebagaimana dituangkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di SMP Negeri 2 Metro, dan Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat Gerakan Literasi Sekolah di SMP Negeri 2 Metro.
Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Dalam penelitian kualitatif pengumpulan data dengan observasi, wawancara mendalam, serta dokumentasi ataupun gabungan ketiganya (Triangulasi). Kemudian untuk mendapatkan data yang dibutuhkan dilakukannya teknik analisis data yang dilakukan dari pengumpulan data, display data, reduksi dan kesimpulan/verivikasi. Dalam hal ini, untuk menguji keabsahan data terdapat triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan waktu. Sumber data yang peneliti gunakan adalah sumber dari kepala sekolah, ketua tim literasi, guru dan peserta didik SMP Negeri 2 Metro.
Dari hasil penelitian, Implementasi dari Gerakan Literasi Sekolah di SMP Negeri 2 Metro meliputi, 1) Perencanaan, meliputi tahap penetapan penanggung jawab program dengan membentuk Tim Literasi Sekolah, kemudian menetapkan program dan jadwal kegiatan, penyediaan buku bacaan serta sarana dan prasarana. 2) Pelaksanaan, menerapkan kegiatan literasi 15 menit membaca buku non pelajaran dan membaca kitab suci yang dilakukan dalam minggu yang berbeda, adapun literasi yang dikaitkan juga dalam proses pembelajaran yaitu, Literasi Dasar, Literasi Perpustakaan, Literasi Media, Literasi Teknologi dan Literasi Visual. 3) Evaluasi, Peserta didik diminta untuk membuat jurnal harian dari hasil bacaan peserta didik, serta pihak sekolah juga memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengikuti lomba-lomba literasi tingkat kota Metro. 4) Faktor pendukung, kepala sekolah mendukung dengan melakukan perencanaan dan pelaksanaan program serta menyediakan sarana dan prasarana, tersedianya perpustakaan dan buku bacaan, tersedianya pojok baca di dalam kelas, semangat dan antusias peserta didik. 5) Faktor Penghambat, kebiasaan yang belum tertanam pada diri peserta didik, kurangnya dukungan orang tua peserta didik, dan kemajuan teknologi yang mengharuskan para guru untuk menggunakan teknologi terbaru demi mendukung kegiatan literasi dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: Implementasi Gerakan Literasi Sekolah, Faktor Pendukung dan Penghambat
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Asna Aprillina IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 19 Aug 2025 03:47 |
Last Modified: | 19 Aug 2025 03:47 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11687 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |