Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Remedial Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Sejarah Kebudayan Islam di MTsN 1 Lampung Timur

Nugroho, Yanwar Cahyo (2025) Pengaruh Remedial Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Sejarah Kebudayan Islam di MTsN 1 Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[thumbnail of Yanwar Cahyo Nugroho_2101010081_PAI_2025.pdf] PDF
Yanwar Cahyo Nugroho_2101010081_PAI_2025.pdf - Other

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pencapaian hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), khususnya pada materi tokoh-tokoh ilmuwan Muslim pada masa Dinasti Abbasiyah. Berdasarkan data ulangan harian, sebanyak 136 dari 281 siswa kelas VIII MTsN 1 Lampung Timur belum mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP), yang menunjukkan adanya permasalahan dalam proses pembelajaran. Berbagai faktor memengaruhi kondisi ini, seperti rendahnya motivasi belajar, metode pengajaran yang kurang bervariasi, serta anggapan bahwa materi SKI kurang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Untuk mengatasi hal tersebut, guru menerapkan program remedial sebagai bentuk intervensi pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh signifikan antara program remedial terhadap peningkatan hasil belajar SKI pada siswa kelas VIII MTsN 1 Lampung Timur.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang mengikuti program remedial, dengan jumlah 136 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling sebanyak 25% dari populasi. Pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, dan angket. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel X (remedial) terhadap variabel Y (hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam). Berdasarkan hasil uji korelasi Pearson Product Moment, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05. Hal ini mengindikasikan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pelaksanaan program remedial dan peningkatan hasil belajar siswa. Nilai Pearson Correlation sebesar 0,977 menunjukkan korelasi positif yang sangat kuat, yang berarti semakin baik pelaksanaan remedial, maka semakin tinggi pula hasil belajar siswa. Selain menunjukkan hubungan yang kuat, hasil ini juga menegaskan bahwa remedial memiliki pengaruh nyata terhadap pencapaian hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis tersebut, hipotesis alternatif (Ha) dalam penelitian ini dinyatakan diterima, yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara program remedial terhadap peningkatan hasil belajar SKI siswa kelas VIII MTsN 1 Lampung Timur.

Kata kunci : Remedial, Hasil Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 19 Aug 2025 04:16
Last Modified: 19 Aug 2025 04:16
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11696

Actions (login required)

View Item View Item