Ramanithia, Ditha (2025) Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Pada Mata Pelajaran PAI untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis di SD Negeri 1 Sumberagung Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
DITHA RAMANITHIA_2101011020_PAI_2025.pdf - Other Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya berpikir kritis siswa kelas V SD Negeri 1 Sumberagung pada mata pelajaran PAI. Rendahnya berpikir kritis siswa tersebut berdasarkan hasil wawancara dari guru mata pelajaran PAI bahwa dari 19 siswa di kelas V hanya 3 siswa yang memiliki tingkat berpikir kritis yang tinggi (15,79%), 7 siswa yang memiliki tingkat berpikir kritis sedang (36,84%), dan 9 siswa yang memiliki tingkat berpikir kritis yang rendah (47,37%) pada siswa kelas V dalam mengikuti Pelajaran PAI. Dengan demikian, dalam hal tersebut peneliti menawarkan model pembelajaran kontekstual sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran.
Berdasarkan pemaparan di atas fokus permasalahan penelitian ini adalah “apakah penerapan model pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran PAI dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas V SD Negeri 1 Sumberagung?”. Tujuan dari penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran PAI dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas V SD Negeri 1 Sumberagung. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V/B SD Negeri 1 Sumberagung yang berjumlah 19 siswa. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus, dan setiap siklusnya terdiri dari tiga pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PAI materi ketika kehidupan telah berhenti kelas V SD Negeri 1 Sumberagung. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, yang didukung atau didapat dari aktivitas guru selama proses pembelajaran dan aktivitas belajar siswa. Dari hasil penelitian, tingkat ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I diketahui sebesar 42,10%, dan pada siklus II sebesar 89,47%. Hal itu menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 47,37%. Berdasarkan hal tersebut, maka penerapan model pembelajaran kontekstual dapat digunakan pada mata pelajaran PAI yang memiliki materi pelajaran dengan sifat menghubungkan materi dengan kehidupan nyata.
Kata Kunci: Model Kontekstual, Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Asna Aprillina IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 19 Aug 2025 08:18 |
Last Modified: | 19 Aug 2025 08:18 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11700 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |