Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Permainan Bisik Berantai dalam Penguasaan Maharah Istima Pada Siswa Kelas VIII MTsN 1 Lampung Timur Tahun Ajaran 2024/2025

Hajijah, Nur (2025) Pengaruh Permainan Bisik Berantai dalam Penguasaan Maharah Istima Pada Siswa Kelas VIII MTsN 1 Lampung Timur Tahun Ajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[thumbnail of NUR HAJIJAH_2101020010_PBA_2025.pdf] PDF
NUR HAJIJAH_2101020010_PBA_2025.pdf - Other

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi dengan adanya peserta didik ada yang mampu dan ada yang kurang mampu dalam penguasaan maharah istima, seperti kurang mampu dalam mengucapkan kalimat bahasa arab, kurang mampu dalam menyimak secara lisan mapun tulisan, penggunaan metode yang belum sesuai dilakukan dalam pembelajaran, terutama pada pembelajaran maharah istima. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan bisik berantai terhadap penguasaan maharah istima di kelas VIII MTsN 1 LAMPUNG TIMUR tahun ajaran 2024/2025.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen, penentuan sampel penelitian pada populasi kelas VIII yang terdiri atas 62 siswa, yaitu siswa kelas VIII C sebanyak 30 siswa dan kelas VIII D sebanyak 32 siswa. dilakukan dengan teknik purposive sampling. subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah, tes dan dokumentasi. Serta Teknik analisis data menggunakan uji t test.

Hasil penelitian melalui analisis dengan menggunakan uji t maka terdapat hasil nilai rata-rata pada kelas kontrol untuk nilai pretest sebasar 57,79 dan nilai postest sebesar 68,75 maka kenaikan pada kelas kontrol yang tidak menggunakan metode bisik berantai dan hanya menggunakan metode ceramah memiliki kenaikan nilai sebesar 10,96. sedangkan pada kelas eksperimen terdapat hasil nilai rata-rata pada nilai pretest sebesar 62 dan nilai postest sebesar 74 maka kenaikan pada kelas eksperimen yang menggunakan metode bisik berantai sebesar 12 maka selisih antara kelas kontrol dan kelas eksperimen hanya 2 poin. Sehingga hasil dari perbandingan nilai pretest postest kelas kontrol dan nilai pretest postest kelas eksperimen memberikan pengaruh yang sangat kecil sehingga tidak signifikan terhadap penguasaan maharah istima di kelas VIII MTSN 1 LAMPUNG TIMUR. Saran peneliti untuk pendidik agar menggunakan permainan Bahasa arab yang lainnya guna untuk meningkatkan penguasaan maharah istima dalam pembelajaran bahasa arab.

Kata kunci: Metode Bisik Berantai, Penguasaan maharah istima

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 19 Aug 2025 08:27
Last Modified: 19 Aug 2025 08:27
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11704

Actions (login required)

View Item View Item